-->

1 Teknik Terbaik Brainstorming Menurut J.G Rawlinson, Lakukan Teknik Ini

Teknik brainstorming sudah banyak digunakan oleh para kreatifator khususnya industri di bidang agen biro periklanan. Pada umumnya teknik ini sudah banyak terbukti memecahkan kebuntuan pada masalah-masalah besar di industri kreatif. Pada perusahaan periklanan atau biro iklan, kegiatan brainstorming ini dilakukan dengan mendiskusikan brief  klien dan menemukan big idea. Biasanya dari sini adalah akar dalam menentukan strategi kreatif yang dipakai.  

Semakin banyak ide semakin banyak pilihan yang memungkinkan lahirnya ide brilliant

Terdapat beberapa kaidah yang harus dipatuhi saat melakukan brainstorming antara lain
jangan mengkritik dan jangan memberi penilaian, meskipun ada ide yang mungkin aneh dan tidak logis, hargai, kemudian rangsang  sebanyak mungkin. Jadi setiap gagasan yang muncul di forum brainstorming sebaiknya dianggap milik bersama sehingga peserta lain bisa mengembangkan ide orang lain untuk mengembangkannya lagi.

Begitu juga menurut J.G Rawlinson dalam bukunya berpikir kreatif & brainstorming, mende-finisikan sumbangsaran (brainstorming) sebagai berikut: 
1. Satu cara untuk mendapatkan banyak ide
2. dari sekelompok manusia
3. dalam waktu yang sangat singkat

Inilah tiga bagian dari definisi tersebut dan semuanya sangat penting untuk memahami teknik tersebut. Sumbangsaran menghasilkan sejumlah ide besar dan jarang kurang dari tiga ide. Sumbangsaran biasanya merupakan aktivitas kelompok, namun prinsipnya dapat dipraktekkan sendiri oleh perseorangan.

Kelompok ini menjadi pabrik ide 
Pengertian “waktu yang sangat singkat” dari definisi diatas—artinya sesuatu pertemuan tidak lebih lama dari dua jam. Sebagai bagian dari proses kreatif, beberapa agensi menggunakan teknik berfikir yang disebut brainstorming, dimana satu kelompok terdiri dari 6 sampai 10 orang bekerja sama untuk mendapatkan ide. Ide dari satu orang akan menstimulasi ide orang lain, dan kekuatan kombinasi asosiasi kelompok akan memunculkan ide lebih banyak ketimbang yang dapat dipikirkan satu orang saja.

 1 Teknik Terbaik Brainstorming Menurut J.G Rawlinson

Teknik Metode Brainstorming I-G-I
Metode Brainstorming I-G-I ini merupakan suatu prosedur yang paling tepat dan baik digunakan bagi penelitian yang berbasis ide kreatif. Begitu pula sangat dianjurkan untuk diterapkan oleh para professional dalam bidang periklanan.
Metode Brainstorming I-G-I ini merujuk pada serangkaian konsep, yaitu I (individu), kemudian G (Group/ Kelompok) dan kembali I (individu).
Simulasi atau Keterangan:

Orang-orang yang secara awal menghasilkan ide kreatif (individu).
Anggotanya dapat berkisar antara empat sampai tujuh orang di bawah pengawasan seorang ketua.

Ketua ini berperan memperkenalkan strategi positioning yang akan menjadi dasar dari ide kreatif dan di sini ia hanya menjadi pencatat dari tindakan yang akan dilakukan para anggota.

Kemudian para anggota (individu) tersebut dibawa pada sebuah ruangan secara bersama-sama, tapi tidak diijinkan untuk berbicara satu sama lain selama tahap brainstorming (beradu pendapat) ini. Di awal tahap brainstorming ini, individu diberikan dua perintah, yaitu :
1) Laksanakan ide-ide secara kuantitas bukan kualitas
2) Sepuluh target ide harus dikerjakan dengan masing-masing ide dibuat dalam waktu hanya 15 menit. Individu (anggota) kemudian mencatat, merekam ide-ide tersebut dalam waktu 15 menit.

Ketua kemudian mengumpulkan ide-ide tersebut di mana satu ide per individu dalam satu waktu. Lalu, ide-ide itu diputar secara acak di antara individu dan mendisplay ide di papan tulis atau flip chart. Saat itulah, individu diijinkan untuk berinteraksi dan didorong untuk mengembangkan ide-ide tersebut, seperti sebagai berikut ini:
1) Pencipta setiap ide secara cepat harus menjelaskannya pada individu yang lain
2) Individu lain secara acak diminta untuk memberi komentar tentang ide.
Setelah ide pertama dikemukakan, kemudian ide-ide berikutnya, kelompok kemudian kembali pada individu (tahap akhir I) untuk mengambil suara pada ide yang terbaik.

Setiap individu memiliki suara yang sama. Serangkaian ide yang terbaik itulah yang dicatat bukan satu ide terbaik, untuk diseleksi. Penseleksian ini ditentukan oleh setiap individu dengan melakukan peringkat seluruh ide, mulai dari 1,2,3 dan seterusnya (mulai dari bawah sampai terakhir). Selanjutnya, penseleksian ide beralih dengan menskor ide-ide kelompok yang terbaik atau terendah. Ide-ide kreatif ini akan diajukan untuk tahap eksekusi iklan, pengembangan konsep, dan melakukan rute-rute lainnya, dan terakhir melakukan pengujian iklan.

Nah itulah Teknik Terbaik Brainstorming Menurut J.G Rawlinson dengan konsep I-G-I sekiranya mudah di aplikasikan untuk pekerjaan Big Idea Advertising

Sumber:
J.G Rawlinson, Berfikir Kreatif & Brainstorming, Terjemahan B.N. Marbun, SH & Djoerban Wachid, SH, Jakarta : Erlangga, 1983.
John R Rossiter dan Larry Percy, Advertising Communications and Promotion Management, International Edition, Singapore: Mc Graw-Hill Book Co, 1998.
Sandra Moriarty, Nancy Mitchell, & William Wells, Advertising, Edisi ke-8, Jakarta: Kencana, 2011.

https://ernisme.wordpress.com/2012/10/04/brainstorming/

0 Response to "1 Teknik Terbaik Brainstorming Menurut J.G Rawlinson, Lakukan Teknik Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel