-->

21 Istilah Umum Progam Periklanan Dalam Dunia Pertelevisian

21 Istilah Umum Progam Periklanan Dalam Dunia Pertelevisian

Inilah istilah umum progam periklanan yang biasa di gunakan pada stasion Televisi jadi mungkin setiap stasion tidak sama dalam memberikan nama. Setidaknya anda bisa mengetahui istilah-istilah ini.

Berikut 21 Istilah Umum Progam Periklanan Dalam Dunia Pertelevisian antara lain:

1. Commercial Break
Waktu jeda antara segmen (bagian) dalam satu acara yang biasa diisi dengan iklan. 
2. Durasi Program
Panjang waktu untuk satu program acara.
3. Sholder Time
Dalam dunia TV, ada tiga jenis pembagian jam tayang, dan shoulder time adalah salah satunya. Rentang shoulder time adalah jam 00.00 WIB - 16.00 WIB.
4. Fringe Time
Jam tayang acara-acara tv yang bekisar antara jam 16.00 WIB - 18.00 WIB.
5. Prime Time
Merupakan jam tayang yang di anggap sebagai waktu yang memiliki penonton paling banyak. Waktu ini bekisar antara 18.00 WIB - 22.00 WIB. Acara-acara yang di siarkan pada jam prime time dianggap sebagai acara yang paling baik untuk ditonton.
6. In House Production
Program acara tv yang dibuat sendiri oleh stasiun tv yang bersangkutan. Misal, acara musik yang di produksi TRANS7.
7. Kejar Tayang
Usaha buat memenuhi target waktu tayang sebuah acara. biasanya sinetron sering pakai system kejar tayang
8. Live On Tape
Proses rekaman sebuah acara tapi di lakukan seolah-olah acara tersebut ditayangkan secara live. Maka proses rekaman ini juga dilakukan tanpa jeda dan berarti enggak boleh ada kesalahan sepanjang rekaman. contoh, acara extravaganza di Trans TV.
9. Live
Penayangan sebuah acara langsung dari tempat acara atau kejadian berlangsung. Misal pertandingan world cup dan Acara Konser 
10. Off Air
Bagian acara yang enggak di tayangkan. Misal, dalam tayangan sebuah konser musik band di tv, kita hanya menyaksikan band tersebut memainkan lima lagu. Dalam konser aslinya, mereka memainkan tujuh buah lagu. Nah, dua lagu yang gak di tayangin itu di sebut off air.
11. On Air
Kebalikan dari off air. On air dipakai untuk menyebut semua bagian acara yang di tayangkan di tv.
12. Rating
Dipakai untuk menilai sebuah acara tv. Rating adalah perbandingan antara total seluruh jumlah penonton televisi di suatu negara dengan total jumlah penonton yang menonton acara tersebut.
13. Rerun
Artinya adalah siaran ulang. Hal ini berarti penayangan ulang sebuah acara yang sebelumnya sudah pernah ditayangkan. Misalnya drama korea BBF, Drama India, Film Aksi Luar yang ditayangkan lagi di  Stasion TV
14. Rundown
Detail urutan acara dan waktu sebuah program acara tv.
15. Segmen
Bagian-bagian dalam sebuah program acara tv. Dalam bahasa drama biasa disebut 'babak'
16. Sharing
Presentase dari jumlah seluruh penonton tv di satu negara dan penonton acara pada jam tersebut.
17. Siaran Tunda
Penayangan sebuah acara yang sebenarnya sudah terjadi. Misal, saat pertandingan bola harusnya disiarkan live pada jam 02.00 dini hari, tetapi ada sebuah stasiun tv yang baru menayangkan siaran tunda pertandingan itu di jam 08.00 pagi hari.
18. Slot
Hari dan jam penayangan sebuah acara. Slot bisa juga berhubungan dengan ketersediaan 'tempat' untuk satu acara disebuah stasiun tv.
19. Taping
Merupakan proses merekam sebuah acara. Tayangan dari hasil taping merupakan kebalikan dari tayangan live.
20. Teaser
Potongan tayangan sebuah acara yang biasa di munculkan di awal atau di tengah acara tersebut. Tujuannya adalah untuk memancing minat penonton. Misalkan, adalah potongan tayangan beberapa berita di awal acara-acara infotainment. agar membuat kita tertarik untuk melihat berita lebih lengkapnya.
21. Video Streaming
Pengiriman gambar jarak jauh melalui alat khusus. Ini berarti gambar tersebut enggak langsung ditayangkan melalui kamera seperti tayangan gambar biasa. Kalau diperhatikan, hasil video streaming ini terllihat 'pecah' dan gak sejelas gambar dari penayangan biasa


Jadi itulah 21 Istilah Umum Progam Periklanan Dalam Dunia Pertelevisian

0 Response to "21 Istilah Umum Progam Periklanan Dalam Dunia Pertelevisian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel