21 Istilah Umum Progam Periklanan Dalam Dunia Pertelevisian
Sabtu, 18 November 2017
Add Comment
Inilah istilah umum progam
periklanan yang biasa di gunakan pada stasion Televisi jadi mungkin setiap
stasion tidak sama dalam memberikan nama. Setidaknya anda bisa mengetahui
istilah-istilah ini.
Berikut 21 Istilah Umum Progam Periklanan Dalam Dunia Pertelevisian antara lain:
1. Commercial Break
Waktu jeda antara segmen
(bagian) dalam satu acara yang biasa diisi dengan iklan.
2. Durasi Program
Panjang waktu untuk satu
program acara.
3. Sholder Time
Dalam dunia TV, ada tiga
jenis pembagian jam tayang, dan shoulder time adalah salah satunya. Rentang
shoulder time adalah jam 00.00 WIB - 16.00 WIB.
4. Fringe Time
Jam tayang acara-acara tv
yang bekisar antara jam 16.00 WIB - 18.00 WIB.
5. Prime Time
Merupakan jam tayang yang di
anggap sebagai waktu yang memiliki penonton paling banyak. Waktu ini bekisar
antara 18.00 WIB - 22.00 WIB. Acara-acara yang di siarkan pada jam prime time
dianggap sebagai acara yang paling baik untuk ditonton.
6. In House Production
Program acara tv yang dibuat
sendiri oleh stasiun tv yang bersangkutan. Misal, acara musik yang di produksi
TRANS7.
7. Kejar Tayang
Usaha buat memenuhi target
waktu tayang sebuah acara. biasanya sinetron sering pakai system kejar tayang
8. Live On Tape
Proses rekaman sebuah acara
tapi di lakukan seolah-olah acara tersebut ditayangkan secara live. Maka proses
rekaman ini juga dilakukan tanpa jeda dan berarti enggak boleh ada kesalahan
sepanjang rekaman. contoh, acara extravaganza di Trans TV.
9. Live
Penayangan sebuah acara
langsung dari tempat acara atau kejadian berlangsung. Misal pertandingan world
cup dan Acara Konser
10. Off Air
Bagian acara yang enggak di
tayangkan. Misal, dalam tayangan sebuah konser musik band di tv, kita hanya
menyaksikan band tersebut memainkan lima lagu. Dalam konser aslinya, mereka
memainkan tujuh buah lagu. Nah, dua lagu yang gak di tayangin itu di sebut off
air.
11. On Air
Kebalikan dari off air. On
air dipakai untuk menyebut semua bagian acara yang di tayangkan di tv.
12. Rating
Dipakai untuk menilai sebuah
acara tv. Rating adalah perbandingan antara total seluruh jumlah penonton
televisi di suatu negara dengan total jumlah penonton yang menonton acara
tersebut.
13. Rerun
Artinya adalah siaran ulang.
Hal ini berarti penayangan ulang sebuah acara yang sebelumnya sudah pernah
ditayangkan. Misalnya drama korea BBF, Drama India, Film Aksi Luar yang
ditayangkan lagi di Stasion TV
14. Rundown
Detail urutan acara dan
waktu sebuah program acara tv.
15. Segmen
Bagian-bagian dalam sebuah
program acara tv. Dalam bahasa drama biasa disebut 'babak'
16. Sharing
Presentase dari jumlah
seluruh penonton tv di satu negara dan penonton acara pada jam tersebut.
17. Siaran Tunda
Penayangan sebuah acara yang
sebenarnya sudah terjadi. Misal, saat pertandingan bola harusnya disiarkan live
pada jam 02.00 dini hari, tetapi ada sebuah stasiun tv yang baru menayangkan
siaran tunda pertandingan itu di jam 08.00 pagi hari.
18. Slot
Hari dan jam penayangan
sebuah acara. Slot bisa juga berhubungan dengan ketersediaan 'tempat' untuk
satu acara disebuah stasiun tv.
19. Taping
Merupakan proses merekam
sebuah acara. Tayangan dari hasil taping merupakan kebalikan dari tayangan
live.
20. Teaser
Potongan tayangan sebuah
acara yang biasa di munculkan di awal atau di tengah acara tersebut. Tujuannya
adalah untuk memancing minat penonton. Misalkan, adalah potongan tayangan
beberapa berita di awal acara-acara infotainment. agar membuat kita tertarik
untuk melihat berita lebih lengkapnya.
21. Video Streaming
Pengiriman gambar jarak jauh
melalui alat khusus. Ini berarti gambar tersebut enggak langsung ditayangkan
melalui kamera seperti tayangan gambar biasa. Kalau diperhatikan, hasil video
streaming ini terllihat 'pecah' dan gak sejelas gambar dari penayangan biasa
Jadi itulah 21 Istilah Umum Progam Periklanan Dalam Dunia Pertelevisian
0 Response to "21 Istilah Umum Progam Periklanan Dalam Dunia Pertelevisian"
Posting Komentar