7 Cara Termudah Melakukan Strategi Branding Untuk Usaha Sendiri
Kamis, 14 Desember 2017
Add Comment
Sebagai pondasi membangun
nama baik usaha atau perusahaan sebuah brand tentu didasari oleh sebuah
identitas yang kuat. Selain itu focus berjalan pada tujuan utama
dalam membangun sebuah brand dan tidak keluar dari brand itu sendiri adalah
faktor yang di nilai cukup penting.
Strategi Branding itu
bagaimana, apa, kapan, dan kepada siapa kita berencana untuk mengkomunikasikan
produk atau jasa kita. Memiliki Branding Strategy yang jelas
dan ringkas menyebabkan ekuitas merek secara keseluruhan lebih kuat. Bagaimana
orang mengetahui atau mengenal produk Anda, dan
berapa banyak mereka bersedia membayar untuk itu.
Inilah 7 Cara Termudah
Melakukan Strategi Branding Sendiri
1. Buatlah Brand Melekat
pada Identitas Produk
Produk yang kuat adalah
produk yang memiliki identitas brand yang kuat. Mengapa Brand harus melekat
pada identitas produk anda? Setiap orang belum terlalu sadar
dengan apa yang dirancang oleh perusahaan yang bersaing secara inovatif. Mereka
bersaing untuk memenangkan persaingan dan mendapat
lebih banyak konsumen yang menggunakan produk mereka. Pernahkah terlintas di
benak anda, ada apa di balik semua inovasi yang ada saat
ini. Jawabnya adalah Branding Strategy. Contoh halnya seperti Apple, perusahaan
ini terkenal karena identitas brand yang dimilikinya.
Pernahkah anda menyebut iPad
dengan kata Tablet?
Pernahkah anda menyebut nama
PC untuk iMac?
Pernahkah anda menyebut nama
Smart Phone untuk iPhone?
Sudah mengerti bukan? Apple
menciptakan produk dengan nama sendiri. Sungguh identitas yang sangat kuat!
2. Tetap Konsisten
Tetap konsisten artinya anda
harus tetap memegang teguh komitmen anda dan bisnis anda. Jika anda punya akun
social media seperti facebook instagram atau twitter, janganlah anda
memposting atau membagi tulisan bahkan upload foto yang tidak berkaitan dengan
tema bisnis anda, jangan membuat para penggemar anda
bingung.
Anda juga harus menemukan
perbedaan perusahaan anda dari para pesaing anda. Itulah yang membuat anda
dapat mempertahankan eksistensi anda agar tetap
konsisten.
3. Hubungkan Pemikiran &
Emosional
Semua orang tidak mengetahui
apa yang mereka benar-benar cari. Disinilah tugas anda untuk berusaha menebak,
apa kebutuhan konsumen.
Anda harus membuat
orang-orang berkata “Wah, ternyata ini yang saya cari”. Anda bagaikan seorang
penemu dan akan melekat pada otak dan alam bawah sadar konsumen.
Misalnya saja, anda sedang
berkendara di jalan. Anda melihat motor besar dengan suara keras dan besar
juga. Apa yang ada di pikiran anda? Ya, itu adalah motor Harley
Davidson.
4. Memberi Apa yang Orang
Cari
Sesungguhnya dari semua yang
konsumen cari adalah kepuasan atas jasa ataupun produk yang baik. Perkaya diri
anda dengan soft skill dan
jangan ragu untuk menerima
masukkan konsumen.
5. Lakukan Analisis
Analisis atau analisa adalah
hal yang berhubungan dengan monitoring atas statistik atau pergerakan secara
riil berdasarkan waktu yang ditentukan. Berdasarkan
hasil analisis tersebut anda dapat melakukan perbandingan dan mengetahui posisi
perusahaan atau brand anda. Apakah ada kesempatan untuk
naik atau anda malah turun. Intinya adalah sebagai monitoring dan melihat
peluang.
6. Jadilah Fleksibel
Di zaman seperti sekarang,
semakin banyak lahir media komunikasi yang dapat diakses dimana-mana. Seperti website dan media sosial facebook, twitter, google+, dll. Sangat
membantu kita dalam berkomunikasi antar sesama.
7. Belajar dari Para Pesaing
Jadikan kompetisi sebagai
tantangan untuk meningkatkan strategi Anda sendiri dan menciptakan nilai yang
lebih besar pada merek Anda secara keseluruhan. Anda berada
dalam bisnis yang sama dan pelanggan yang sama, kan? Jika anda melihat dari apa
yang pesaing anda lakukan. Apakah beberapa dari taktik
mereka berhasil? Apakah beberapa gagal? Susun strategi atau taktik Anda
berdasarkan pengalaman mereka untuk membangun brand yang lebih
baik.
Tetapi hal ini bukan berarti
anda harus sepenuhnya meniru pesaing anda, lakukan sedikit kreatifitas dan
inovasi dalam berkarya. Percayalah dengan kemampuan anda, bahwa
dengan tampil beda orang lain akan melihat anda memiliki identitas yang sangat
kuat.
Demikian 7 Cara Termudah Melakukan Strategi Branding Untuk Usaha Sendiri semoga bermanfaat.
Apakah anda mempunyai cara
lain untuk melakukan Branding Strategy Anda tuliskan di komentar?
0 Response to "7 Cara Termudah Melakukan Strategi Branding Untuk Usaha Sendiri"
Posting Komentar