3 Faktor Penting dalam Menetapkan Budget Iklan
Kamis, 13 September 2018
Add Comment
Menetapan budget iklan
bukanlah urusan yang gampang untuk dilaksanakan sebab ada banyak sekali faktor
faktor yang mesti dipertimbangkan supaya budget iklan yang diputuskan mampu
memberikan manfaat yang optimal, baik terhadap nilai brand maupun penjualan. Dari sejak era periklanan konvensional, proses penetapan budget iklan itu sulit. Sampai saat ini, budget komunikasi brand yang terbesar masih
didominasi oleh budget media sampai-sampai seringkali budget advertising
diserupakan atau ditafsirkan sama dengan budget media.
Parahnya, jika pengiklan salah
dalam penetapan media atau mempunyai strategi media yang lemah, maka penetapan
budget iklan sudah tentu salah. Karena itulah media dan budget selalu
disebutkan tidak terpisahkan. Para penjaja atau pengelola brand pada umumnya
memutuskan tujuan penjualan (sales) terlebih dahulu. Setelah destinasi
penjualan itu ditetapkan, mereka bakal meminta semua perancang strategi
komunikasi iklan untuk memutuskan strategi kreatif dan strategi media yang
dirasa pas dalam menjangkau tujuan penjualan. Strategi kreatif ialah upaya
mengelola teks, gambar, layout, audio atau visual menjadi pelajaran komunikasi
yang jitu. Sementara strategi media sehubungan dengan pemilihan media yang
cocok dengan target audiens dan brand yang dikomunikasikan.
Beberapa Faktor yang
Terpenting dalam Budget Iklan
1. Faktor Jangkauan,
Frekuensi dan Keterlibatan
Reach atau jangkauan,
frekuensi, keterlibatan (engagement) temasuk bagian yang menjadi unsur pokok
dari strategi media. Seluruh unsur itu sangat dominan terhadap besaran budget
iklan. Jika contohnya jumlah jangkauan diputuskan sebagai destinasi pokok pemakaian
media maka media yang dipilih biasanya ialah media -media yang memiliki cakupan
terluas atau media yang dapat menjangkau target audiens secara luas. Biasanya,
semakin luas cakupan suatu media maka harga media itu akan semakin mahal.
Ketika frekuensi penayangan iklan di media-media yang dipilih semakin dinaikkan
maka budget iklan pun akan meningkat. Faktor Perubahan Industri Media
Persoalan yang tidak
jarang kali dihadapi oleh semua perancang budget advertising atau budget iklan
ialah seringnya media merasakan perubahan tergolong akhirnya evolusi pada level
perencanaan media. Media planning is a constantly shifting problem menjadi
kalimat atau kenyataan yang menghantui masing-masing media planner terutama di
era digital ketika ini. Pergerakan media planning yang paling dinamis
kesudahannya sangat dominan dalam penetapan atau perencanaan budget iklan
sehingga semua perencana ongkos iklan biasanya tidak inginkan ambil pusing dan
memutuskan budget iklan sama dengan tahun sebelumnya.
2. Faktor Fragmentasi Audiens
Media-media baru yang
hadir secara bergelombang pasti akan mengakibatkan fragmentasi audiens, dan
secara otomatis berpotensi menurunkan jumlah cakupan setiap media. Menurunnya
jumlah cakupan sebagai akibat fragmentasi audiens belum tentu dibuntuti dengan
turunnya ongkos pemasangan iklan atau pemakaian media. Pada gilirannya
pengiklan me*sti memakai lebih tidak sedikit media demi menjangkau jumlah
cakupan atau jumlah audiens yang sama. Konsekuensinya ialah biaya iklan yang
semakin membengkak dan ujung-ujungnya memaksa pengiklan merogoh kantong lebih
dalam lagi.
3. Faktor Produksi
Materi
Pembuatan pelajaran
iklan yang akan dipakai di media-media berbiaya tinggi laksana televisi
biasanya membuat ongkos iklan terus meningkat. Sebagian komponen ongkos produksi
pelajaran iklan dalam format audio visual ingin mengalami penambahan sekaligus
dominan terhadap keseluruhan ongkos
iklan.
0 Response to "3 Faktor Penting dalam Menetapkan Budget Iklan"
Posting Komentar