6 Cara Membuat Anggaran Untuk Periklanan yang Bisa Anda Lakukan
Sabtu, 18 November 2017
Add Comment
Mungkin bagi yang baru mulai
usaha kecil seperti produk makanan, kafe dan standarisasi ukm lainya masih
bingung dalam menentukan biaya untuk iklan bagaimana cara membuat dan mengambil
biaya anggaran untuk iklan usaha saya?.
Anggaran iklan bisa
ditetapkan berdasarkan beberapa metode yang bisa dibelanjakan yakni:
1. Metode sesuai kemampuan
Adalah metode penetapan
anggaran periklanan berdasarkan kemampuan perusahaan. Berapa rupiah perusahaan
mempunyai uang untuk iklan, itulah yang dibelanjakan untuk iklan. Metode ini
mengabaikan peranan iklan sebagai investasi dan berpengaruh langsung pada
volume penjualan. Cara ini menyebabkan penyusunan anggaran iklan tahunan tidak
menentu yang menyebabkan perencanaan iklan jangka panjang sulit dilakukan.
2. Metode persentasi
anggaran penjualan
Perusahaan menetapkan
anggaran iklan merek secara sederhana dengan menetapkan anggaran sebagai
presentasi volume penjualan yang lalu (misalnya tahun lalu) atau terantisipasi
(misalnya tahun yang akan datang).
3. Metode anggaran para
pesaing
Metode ini dengan menetapkan
anggaran berdasarkan berapa besar pesaing membelanjakan iklan. Perusahaan
membelanjakan 10% di bawah pesaing, tetapi tahun depan dapat sama dengan
belanja pesaing atau bahkan lebih.
4. Metode sasaran dan fungsi
Metode ini dengan menetapkan
anggaran berdasarkan sasaran yang spesifik, fungsi yang harus dilakukan untuk
mencapai sasaran tersebut, dan memperkirakan biaya untuk melaksanakan fungsi
tersebut. Jumlah biaya tersebut merupakan anggaran periklanan yang diusulkan.
Keunggulan metode ini adalah dapat menjelaskan asumsi-asumsi mengenai dana yang
dibelanjakan dengan tingkat tampilan iklan, tingkat percobaan produk, dan
pemakaian produk secara teratur.
5. Metode pangsa pasar
Menetapkan anggaran
berdasarkan berapa besar pangsa pasar perusahaan tersebut. Perusahaan dengan
pangsa pasar 20% dari total belanja periklanan pasar. Perusahaan yang baru
dapat 1,5 kali lebih besar.
6. Metode kombinasi
Anggaran terbaik periklanan
dapat ditentukan berdasarkan beberapa kombinaso dari metode-metode yang telah
dibahas. Anggaran harus mempertimbangkan efisiensi, sasaran dan fungsi yang
spesifik, memelihara pangsa pasar, mempertimbangkan pesaing dan membandingkan
dengan anggaran tahun yang lalu.
0 Response to "6 Cara Membuat Anggaran Untuk Periklanan yang Bisa Anda Lakukan "
Posting Komentar