5 Tujuan Penetapan Iklan yang Sebaiknya Anda Ketahui?
Sabtu, 18 November 2017
Add Comment
Penetapan tujuan periklanan
harus berdasarkan pada keputusan-keputusan sebelumnya mengenai pasar sasaran,
penentuan posisi pasar, dan bauran pemasaran. Setelah pasar sasaran, strategi
penentuan posisi, dan bauran pemasaran jelas, baru ditetapkan tujuan
periklanan.
Menurut Suyanto, ada 5 Tujuan periklanan itu sendiri yaitu:
a. Iklan informatif
Tujuannya membentuk
permintaan pertama dengan memberitahukan kepada pasar tentang produk baru,
menguusulkan kegunaan baru suatu produk, memberitahukan tentang perubahan
harga, menjelaskan cara kerja suatu produk, menjelaskan pelayanan yang
tersedia, mengkoreksi kesan yang salah, mengurangi kecemasan pembeli, dan
membangun citra perusahaan. Ini biasanya dilakukan secara besar-besaran pada
tahap awal suatu jenis produk.
b. Iklan persuasif
Tujuannya membentuk
permintaan selektif suatu merek tertentu. Ini dilakukan pada tahap kompetitif
dengan membentuk preferensi merek, mendorong peralihan merek, mengubah persepsi
pembeli tentang atribut produk, membujuk pembeli untuk membeli sekarang, dan
membujuk pembeli menerima kunjungan penjualan.
c. Iklan pengingat
Tujuannya mengingatkan
konsumen pada produk yang sudah mapan dengan menunjukkan bahwa produk tersebut
mungkin akan dibutuhkan kemudian hari, mengingat di mana produk dapat dibeli,
membuat pembeli tetap ingat produk itu walau sedang tidak musim, dan mempertahankan
kesadaran puncak.
d. Iklan penambah nilai
Tujuannya menambah nilai
merek pada persepsi konsumen dengan melakukan inovasi, perbaikan kualitas, dan
penguatan persepsi konsumen. Iklan yang efektif menyebabkan merek dipandang
lebih elegan, lebih bergaya, lebih prestisius dalam persaingan.
e. Iklan bantuan aktivitas
lain
Bertujuan untuk
memfasilitasi usaha lain perusahaan dalam proses komunikasi pemasaran, misalnya
iklan yang membantu pelepasan promosi penjualan (kupon), mambentu wiraniaga
(perkenalan produk), penyempurnaan hasil komunikasi pemasaran yang lain
(konsumen dapat mengidentifikasi paket produk di toko dan mengenal nilai produk
lebih mudah setelah melihat iklan).
Nah, Itulah 5 Tujuan Penetapan Iklan
0 Response to "5 Tujuan Penetapan Iklan yang Sebaiknya Anda Ketahui?"
Posting Komentar