Mengenal Tujuan Iklan dari Para Pakar Ahli
Sabtu, 18 November 2017
Add Comment
Sebelum melanjut lebih jauh tentang apa itu dunia iklan dan bagaimana mendapat profit dari iklan yang anda buat. sebelum mari kita mengenal apa tujuan iklan dari para ahli dunia advertising ini.
Tujuan Iklan Menurut Para Pakar
Ahli
Menurut Nani Nuraeni, S.Sos,
bila dilihat dari segi tujuannya iklan terdiri dari :
1. Commercial Advertising
Iklan komersial adalah iklan
yang bertujuan untuk mendukung kampanye pemasaran suatu produk atau jasa. Iklan
komersial ini sendiri terbagi menjadi beberapa macam, yaitu:
a. Iklan strategis
Digunakan untuk membangun
merek. Hal itu dilakukan dengan mengkomunikasikan nilai merek dan manfaat
produk. Perhatian utama dalam jangka panjang adalah memposisikan merek serta
membangun pangsa pikiran dan pangsa pasar. Iklan ini mengundang konsumen untuk menikmati
hubungan dengan merek serta meyakinkan bahwa merek ini ada bagi para pengguna.
b. Iklan taktis
Memiliki tujuan mendesak.
Iklan ini dirancang untuk mendorong konsumen agar segera melakukan kontak
dengan merek tertentu. Pada umumnya iklan ini memberikan penawaran khusus
jangka pendek yang memacu konsumen memberikan respon pada hari yang sama.
2. Corporate Advertising
Iklan yang bertujuan
membangun citra suatu perusahaan yang pada akhirnya diharapkan juga membangun
citra positif produk-produk atau jasa yang diproduksi oleh perusahaan tersebut.
Iklan corporate akan efektif bila didukung oleh fakta yang kuat dan relevan
dengan masyarakat, mempuyai nilai berita dan biasanya selalu dikaitkan dengan
kegiatan yang berorientasi dengan kegiatan yang berorientasi pada kepentingan
masyarakat. Iklan corporate merupakan bentuk lain dari iklan strategis ketika
sebuah perusahaan melakukan kampanye untuk mengkomunikasikan nilai-nilai
korporatnya kepada publik. Iklan corporate seringkali berbicara tentang
nilai-nilai warisan perusahaan, komitmen perusahaan kepada pengawasan mutu,
peluncuran merek dagang atau logo perusahaan yang baru atau mengkomunikasikan
kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar.
3. Public Service
Advertising
Iklan layanan masyarakat merupakan
bagian dari kampanye social marketing yang bertujuan menjual gagasan atau ide
untuk kepentingan atau pelayanan masyarakat. Biasanya pesan iklan layanan
masyarakat berupa ajakan, pernyataan atau himbauan kepada masyarakat untuk
melakukan atau tidak melakukan suatu tindakan demi kepentingan umum atau
merubah perilaku yang “tidak baik” supaya menjadilebih baik, misalnya masalah
kebersihan lingkungan, mendorong penghargaan terhadap perbedaan pendapat,
keluarga berancana, dan sebagainya.
Perusahaan menggunakan jasa
sebagai media untuk menyampaikan rencana pesan atau informasi kepada audience
sasaran (Machfoedz:146-152). Diantara media yang ada dalam uraian ini dapat
disebutkan lima kalsifikasi media, yaitu:
1. Media Cetak
Media cetak merupakan media
yang memuat pesan bertopik tunggal dan satu pemikiran secara bersamaan.
Beberapa jenis media cetak antara lain :
a. Koran/surat kabar
Kelebihan: pembaca dapat
memilih iklan sesuai dengan keinginan, bersifat fleksibel dan tepat waktu,
ukuran iklan dapat bervariasi, halaman untuk iklan dapat ditambah atau
dikurangi sehingga tidak terhalang oleh kendala waktu, dapat menjangkau pasar
local mulai dari masyarakat kota hingga pedesaan, biaya per orang yang
terjangkau relative murah.
Kelemahan: masa berlaku
surat kabar sangat pendek karena sering kali dibuang setelah dibaca, kalangan
remaja dan mereka yang menginjak dewasa pada umumnya tidak atau jarang membaca
surat kabar.
b. Majalah
Kelebihan: cetakan gambar
dapat dibuat berwarna sesuai dengan warna produk yang diinginkan, dapat
menjangkau pasar nasional dengan biaya per pembaca relative murah, dapat dibaca
diberbagai tempat dan waktu, berumur relative lebih lama (dari seminggu sampai
sebulan).
Kelemahan: iklan yang akan
dimuat dalam majalah harus diajukan beberapa minggu sebelum penerbitannya,
karena majalah diterbitkan mingguan atau bulanan maka pesan yang sedang hangat
dibicarakan menjadi sulit utuk ditayangkan pada waktu yang tepat.
2. Media Elektronik
a. Radio
Kelebihan: radio didengan
oleh masyarakat dari semua tingkat social, dapat dibawa dan didengar di mana
pun, biaya produksi iklan radio murah dan sangat fleksibel sehingga dapat
dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen, efektif untuk menjangkau pasar
sasaran tertentu.
Kelemahan: radio menciptakan
kesan audio yang seluruhnya ditentukan oleh kemampuan pendengar untuk menangkap
informasi setelah mendengarnya, pendengar sering kali tidak sepenuhnya
memperhatikan dengan cermat karena radio umumnya didengarkan sebagai latar
belakang aktivitas yang dikerjakan seperti bekerja, belajar, atau aktivitas
lain, kurang membawa pengaruh yang dapat memotofasi audience, tingkat daya
tarik yang rendah dapat menyebapkan sejumllah pesab terabaikan bahkan
terlewatkan.
b. Televisi
Kelebihan: produk dapat
ditunjukkan dan diterangkan pada waktu yang bersamaan, dapat menjangkau wilayah
geografis yang sangat luas dan fleksibel dalam penyampaian pesan.
Kelemahan: karena durasi
yang singkat untuk setiap kali penayangan maka pesan yang disampaikan harus
diulang beberapa kali agar dapat diperhatikan dan diingat oleh audience, hal in
membuat biaya pembuatan dan penayangan iklan televisi sangat mahal.
3. Media Luar Ruang
Kelebihan: jangkauannya yang
luas, tingkat frekuensinya yang tinggi, fleksibel secara geografis, murah,
tahan lama, hemat, dan menggunakan pendekatan visual, efektivitasnya sangat
tingggi khususnya daam menjangkau kalangan muda dan usia dewasa yang berdaya
beli tinggi.
Kelemahan: tidak selektif,
waktu exposure yang singkat, sulit untuk mengukur jumlah khalayak periklanan
luar ruang, dan masalah lingkungan.
4. Media interaktif meliputi
internet, CD-ROM, alam maya (virtual reality), dan nomor-nomor telepon bebas
pulsa yang interaktif (Shimp, 2003:540). Alam maya (virtual reality)
menggunakan helm alam maya atau kaca mata dan sarung tangan yang dirancang
secara khusus, peserta berinteraksi dengan benda-benda yang dianimasi dan
menikmati sensi mirip kehidupan ketika menggerakkan kepalanya atau menyentuh
sesuatu dengan sarung tangan.
5. Media Alternatif meliputi
periklanan melalui yellow pages, periklanan melalui video, penayangan produk di
bioskop, dan rambu-rambu (virtual signage) (Simp, 2003:544).
Nah, itulah Tujuan Iklan Menurut Para Pakar Ahli
0 Response to "Mengenal Tujuan Iklan dari Para Pakar Ahli"
Posting Komentar