-->

5 Cara Evaluasi Efektifitas Iklan Setalah Anda Beriklan di Media


Apakah iklan yang kamu tampilkan sudah efektif dan membantu penjualan produk?. Tidak semata-mata setelah beriklan anda sudah mersa cukup. Pada tahap Evaluasi Iklan anda dihadapkan bagaimana di waktu yang akan datang iklan akan lebih kena ke target sasaran sehingga feedback yang dihasilakan seperti penjualan anda benar-benar meningkat.

Berikut ini ada 5 Cara Evaluasi Efektifitas Iklan (Suyanto, 2004:22):

1. Rekognisi dan recall
Menyajikan elemen-elemen ingatan konsumen untuk informasi iklan, tetapi ukuran rekognisi dapat diserupakan dengan pertanyaan tes pilihan ganda, sedangkan ukuran recall serupa dengan pertanyaan esai. Tingkat memori rekognisi lebih dangkal dibandingkan dengan ukuran recall.

2. Reaksi emosional
Para peneliti iklan telah mengenal secara baik bahwa iklan yang berpengaruh secara positif pada “perasaan dan emosi” penerima dapat sangat sukses untuk produk dan situasi tertentu. Tren ke depan, iklan diarahkan pada emosi yang dapat meningkatkan usaha untuk mengukur reaksi emosional konsumen terhadap iklan.

3. Dampak persuasi
Digunakan oleh pengiklan untuk mengetahui pengaruh sikap dan preferensi konsumen ke depan terhadap merek yang diiklankan. Keefektifan iklan dapat dinilai dengan kriteria kepersuasian dengan mengukur sikap atau preferensi sebelum dan sesudah suatu iklan dijalankan dan menentukan apakah sikap dijadikan lebih suka atau preferensi telah bergeser menuju merek yang diiklankan.

4. Dapat Membangunkan secara psikologis
Penelitian iklan telah mengarah pada variasi peralatan tes psikologis untuk mengukur reaksi efektivitas konsumen terhadap iklan.

5. Dampak iklan terhadap penjualan

Peneliti berusaha mengukur dampak penjualan melalui analisis data historis atau data percobaan. Pendekatan historis membuat korelasi antara penjualan masa lampau dengan pengeluaran iklan masa lampau menggunakan teknik statististik canggih. Pendekatan kedua adalah menggunakan rancangan percobaan untuk mengukur dampak penjualan dari iklan. Pendekatan ketiga menggunakan alokasi anggaran periklanan secara geografis dengan model yang mempertimbangkan perbedaan antara daerah-daerahgeografis dalam hal ukuran pasar, tanggapan iklan, efisiensi media, persaingan, dan margin laba.

Nah itulah, 5 Cara Evaluasi Efektifitas Iklan Setalah Anda Beriklan di Media

0 Response to "5 Cara Evaluasi Efektifitas Iklan Setalah Anda Beriklan di Media"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel