5 Cara Evaluasi Efektifitas Iklan Setalah Anda Beriklan di Media
Sabtu, 18 November 2017
Add Comment
Apakah iklan yang kamu
tampilkan sudah efektif dan membantu penjualan produk?. Tidak semata-mata setelah
beriklan anda sudah mersa cukup. Pada tahap Evaluasi Iklan anda dihadapkan
bagaimana di waktu yang akan datang iklan akan lebih kena ke target sasaran
sehingga feedback yang dihasilakan seperti penjualan anda benar-benar
meningkat.
Berikut ini ada 5 Cara
Evaluasi Efektifitas Iklan (Suyanto, 2004:22):
1. Rekognisi dan recall
Menyajikan elemen-elemen
ingatan konsumen untuk informasi iklan, tetapi ukuran rekognisi dapat
diserupakan dengan pertanyaan tes pilihan ganda, sedangkan ukuran recall serupa
dengan pertanyaan esai. Tingkat memori rekognisi lebih dangkal dibandingkan
dengan ukuran recall.
2. Reaksi emosional
Para peneliti iklan telah
mengenal secara baik bahwa iklan yang berpengaruh secara positif pada “perasaan
dan emosi” penerima dapat sangat sukses untuk produk dan situasi tertentu. Tren
ke depan, iklan diarahkan pada emosi yang dapat meningkatkan usaha untuk
mengukur reaksi emosional konsumen terhadap iklan.
3. Dampak persuasi
Digunakan oleh pengiklan
untuk mengetahui pengaruh sikap dan preferensi konsumen ke depan terhadap merek
yang diiklankan. Keefektifan iklan dapat dinilai dengan kriteria kepersuasian
dengan mengukur sikap atau preferensi sebelum dan sesudah suatu iklan
dijalankan dan menentukan apakah sikap dijadikan lebih suka atau preferensi
telah bergeser menuju merek yang diiklankan.
4. Dapat Membangunkan secara
psikologis
Penelitian iklan telah
mengarah pada variasi peralatan tes psikologis untuk mengukur reaksi
efektivitas konsumen terhadap iklan.
5. Dampak iklan terhadap
penjualan
Peneliti berusaha mengukur
dampak penjualan melalui analisis data historis atau data percobaan. Pendekatan
historis membuat korelasi antara penjualan masa lampau dengan pengeluaran iklan
masa lampau menggunakan teknik statististik canggih. Pendekatan kedua adalah
menggunakan rancangan percobaan untuk mengukur dampak penjualan dari iklan.
Pendekatan ketiga menggunakan alokasi anggaran periklanan secara geografis
dengan model yang mempertimbangkan perbedaan antara daerah-daerahgeografis
dalam hal ukuran pasar, tanggapan iklan, efisiensi media, persaingan, dan
margin laba.
Nah itulah, 5 Cara Evaluasi Efektifitas Iklan Setalah Anda Beriklan di Media
0 Response to "5 Cara Evaluasi Efektifitas Iklan Setalah Anda Beriklan di Media"
Posting Komentar