Agar Tidak Rugi, 4 Hal Ini harus Kamu pertimbangkan Sebelum keputusan memilih Media untuk Beriklan
Sabtu, 18 November 2017
Add Comment
Mungkin kamu sudah tau ada
beberapa tipe-tipe media utama yang bisa digunakan dalam periklanan, antara
lain : televisi, surat kabar, pengiriman lewat pos, radio, majalah, aktifitas
luar ruangan, dan internet.
Nah, Agar tidak rugi karena
iklan yang anda tayangkan kurang efektif sebab menggunakan media periklanan
yang kurang cocok bahkan salah. Sebaiknya kamu harus selektif untuk memilih
media periklanan mana yang sesuai dalam mengiklankan produknya. Jadi sebelum
pilih a,b,c maupun d sebaiknya anda pertimbangkan 4 hal berikut:
Beberapa langkah yang bisa
digunakan untuk menyeleksi media periklanan, antara lain :
1. Menentukan jangkauan,
frekuensi dan dampak
Untuk menyeleksi media,
pemasang iklan harus menentukan jangkauan dan frekuensi apa saja yang
dibutuhkan untuk mencapai tujuan iklan.
Jangkauan adalah ukuran
persentase manusia dalam pasar target yang tercakup
(memperhatikan/melihat/mendengar) kampanye iklan selama suatu periode waktu
yang ditentukan.
Frekuensi adalah ukuran
berapa banyak orang rata-rata dalam pasar target terekspos pada pesan.
Pemasang iklan juga harus
memutuskan dampak media yang diinginkannya, nilai kualitatif paparan pesan pada
medium tertentu.
Pada umumnya, semakin luas
jangkauan, semakin tingginya frekuensi, dan semakin besarnya dampak yang dicari
pemasang iklan, semakin tinggi pula anggaran periklanan yang harus dibuat.
2. Memilih tipe media utama
Perencanaan media
mempertimbangkan banyak faktor ketika melakukan pemilihan media, antara lain :
a) Kebiasaan media dari
konsumen sasaran, pengiklan mencari media yang menjangkau konsumen target
secara efektif.
b) Hakekat produk
c) Tipe-tipe pesan yang
berbeda kerap kali membutuhkan media yang berbeda.
d) Biaya
3. Menyeleksi wahana media
utama
Wahana media adalah media
spesifik dalam tipe-tipe media yang umum, misalnya majalah, acara televisi,
atau siaran radio.
Dalam memilih wahana media,
perencanaan media harus menyeimbangkan ukuran biaya media terhadap beberapa
faktor dampak media, seperti :
a) Perencanaan harus
menyeimbangkan biaya terhadap kualitas wahana media.
b) Perencanaan media harus
memperhitungkan perhatian pemirsa.
c) Perencanaan harus membuat
penilaian atas kualitas editorial wahana.
4. Menentukan waktu
penayangan
Pengiklan juga harus
menentukan bagaimana manjadwal iklan selama rentang waktu setahun. Ada beberapa
pola iklan dalam memasang iklan, antara lain :
Nah, Itulah 4 Hal Ini harus
Kamu pertimbangkan Sebelum keputusan memilih Media untuk Beriklan
Berkesinambungan (continous)
berarti melakukan penjadwalan yang merata selama periode.
Berdenyut (pulsing) berarti
membuat penjadwalan iklan secara tidak merata disepanjang suatu periode, ide
baiknya adalah mengiklankan besar-besaran untuk suatu periode waktu yang singkat
demi membangun kesadaran (awareness) yang berlangsung terus sampai periode
iklan selanjutnya.
Nah, itulah Cara Agar Tidak Rugi, 4 Hal Ini harus Kamu pertimbangkan Sebelum keputusan memilih Media untuk Beriklan
0 Response to "Agar Tidak Rugi, 4 Hal Ini harus Kamu pertimbangkan Sebelum keputusan memilih Media untuk Beriklan"
Posting Komentar