-->

Agar Tidak Rugi, 4 Hal Ini harus Kamu pertimbangkan Sebelum keputusan memilih Media untuk Beriklan

  
Mungkin kamu sudah tau ada beberapa tipe-tipe media utama yang bisa digunakan dalam periklanan, antara lain : televisi, surat kabar, pengiriman lewat pos, radio, majalah, aktifitas luar ruangan, dan internet.

Nah, Agar tidak rugi karena iklan yang anda tayangkan kurang efektif sebab menggunakan media periklanan yang kurang cocok bahkan salah. Sebaiknya kamu harus selektif untuk memilih media periklanan mana yang sesuai dalam mengiklankan produknya. Jadi sebelum pilih a,b,c maupun d sebaiknya anda pertimbangkan 4 hal berikut:

Beberapa langkah yang bisa digunakan untuk menyeleksi media periklanan, antara lain :

1. Menentukan jangkauan, frekuensi dan dampak
Untuk menyeleksi media, pemasang iklan harus menentukan jangkauan dan frekuensi apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan iklan.

Jangkauan adalah ukuran persentase manusia dalam pasar target yang tercakup (memperhatikan/melihat/mendengar) kampanye iklan selama suatu periode waktu yang ditentukan.

Frekuensi adalah ukuran berapa banyak orang rata-rata dalam pasar target terekspos pada pesan.

Pemasang iklan juga harus memutuskan dampak media yang diinginkannya, nilai kualitatif paparan pesan pada medium tertentu.

Pada umumnya, semakin luas jangkauan, semakin tingginya frekuensi, dan semakin besarnya dampak yang dicari pemasang iklan, semakin tinggi pula anggaran periklanan yang harus dibuat.

2. Memilih tipe media utama
Perencanaan media mempertimbangkan banyak faktor ketika melakukan pemilihan media, antara lain :
a) Kebiasaan media dari konsumen sasaran, pengiklan mencari media yang menjangkau konsumen target secara efektif.
b) Hakekat produk
c) Tipe-tipe pesan yang berbeda kerap kali membutuhkan media yang berbeda.
d) Biaya

3. Menyeleksi wahana media utama
Wahana media adalah media spesifik dalam tipe-tipe media yang umum, misalnya majalah, acara televisi, atau siaran radio.

Dalam memilih wahana media, perencanaan media harus menyeimbangkan ukuran biaya media terhadap beberapa faktor dampak media, seperti :
a) Perencanaan harus menyeimbangkan biaya terhadap kualitas wahana media.
b) Perencanaan media harus memperhitungkan perhatian pemirsa.
c) Perencanaan harus membuat penilaian atas kualitas editorial wahana. 

4. Menentukan waktu penayangan
Pengiklan juga harus menentukan bagaimana manjadwal iklan selama rentang waktu setahun. Ada beberapa pola iklan dalam memasang iklan, antara lain :

Nah, Itulah 4 Hal Ini harus Kamu pertimbangkan Sebelum keputusan memilih Media untuk Beriklan
Berkesinambungan (continous) berarti melakukan penjadwalan yang merata selama periode.


Berdenyut (pulsing) berarti membuat penjadwalan iklan secara tidak merata disepanjang suatu periode, ide baiknya adalah mengiklankan besar-besaran untuk suatu periode waktu yang singkat demi membangun kesadaran (awareness) yang berlangsung terus sampai periode iklan selanjutnya.

Nah, itulah Cara Agar Tidak Rugi, 4 Hal Ini harus Kamu pertimbangkan Sebelum keputusan memilih Media untuk Beriklan

0 Response to "Agar Tidak Rugi, 4 Hal Ini harus Kamu pertimbangkan Sebelum keputusan memilih Media untuk Beriklan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel