-->

Ragam Bentuk Periklanan Indonesia

Ada dua kategori ragam bentuk iklan yaitu umum dan khusus. Secara umum dapat di bedakan menjadi 5 bentuk isi Iklan yaitu seperti, Iklan layanan masyarakat atau tanggung jwab sosial, bantahan,  pembelaan, perbaikan
dan kekeluargaan 


1.Iklan Layanan masyarakat
Iklan ini berbentuk tanggung jawab sosial yang ditujukan untuk menyebarkan pesan yang bersifat informatif,
penerangan, pendidikan agar membentuk sikap masyarakat sehingga bertanggungjawab terhadap masalah
sosial.

2. Iklan Bentuk Bantahan
Iklan yang digunakan untuk membantah atau melawan atas sesuatu isu yang merugikan dan memperbaiki
citra seseorang, perusahaan, atau merek yang tercemar.
Tujuan adalah untuk mengeliminasi isu yang tidak menguntungkan, sekaligus meluruskan isu tersebut pada porsi yang benar
mendapatkan perhatian publik dan membangun simpati khalayak terhadap perusahaan. Juga termasuk membangun opini publik bahwa perusahaan berada pada posisi yang benar.

3. Meskipun iklan ini jarang di jumpai namun tetap ada yaitu iklan bentuk pembelaan
Iklan pembelaan ini biasanya dikeluarkan oleh penasehat hukum perusahaan berkaitan dengan hak paten.
Pokok materi yang diajukan untuk membela keberadaan barang, jasa, ide, atau gagasan tertentu dari klaim
pihak lain.

4. Iklan Perbaikan 
Memperbaiki pesan-pesan tidak tepat yang terlanjur dipublikasikan melalui media massa.
Biasanya berupa RALAT akibat kesalahan penulisan di media. namanya juga manusia pasti ada luputnya meski sudah di konsep dan di bikin sematang apapun pasti ada salahnya tak selalu perfect

5. Iklan Keluarga
Isi pesan merupakan pemberitahuan tentang terjadinya peristiwa peristiwa kekeluargaan kepada keluarga
atau khalayak lainnya.
Contohnya iklan duka cita, ucapan selamat pernikahan, selamat kelahiran, wisuda, dan sebagainya.

Nah jika secara khusus ada banyak bentuk, kita perlu memperhatikan secara detail iklan khusus di bawah ini

1. Berdasarkan media yang digunakan
Pertama adalah Media cetak seperti pamflet, buletin, majalah, koran, tabloid, spanduk, baliho, balon udara, kemasan produk, dan lain-lain. Dalam bentuk isi iklan cetak dapat berupa iklan baris, iklan kolom, display, advertorial, dan lain-lain.

Kedua adalah menggunakan media elektronik seperti media televisi, radio, internet dan untuk bentuknya dapat berupa ad lib, spot, sponsor, running text, backdrop, caption, credit title, property endorsment, promo ad, live action, animation, stop action, still,  musik, superimposed, dan lain-lain

2. Berdasarkan Bentuk Tujuan
Iklan di tujukan untuk Komersial dan juga bisa iklan Layanan Masyarakat

3. Berdasarkan Bentuk Bidang Isi Pesan
Iklan Politik, Iklan Pendidikan, Iklan Kesehatan, Iklan Kecantikan, Iklan Pariwisata, Iklan Hiburan, Iklan Olah Raga, Iklan Hukum, Iklan Lowongan Kerja, Iklan Duka Cita, Makanan dan Minuman, Iklan otomotif, dan Lingkungan Hidup

4. Berdasarkan Komunikatornya
Komunikator dapat menggunakan Iklan Personal, Iklan Teman atau rame-rame, Iklan Keluarga, Iklan Institusi

5. Berdasarkan Bentuk Produk
Iklan Barang, Iklan Jasa, Iklan Barang-Jasa

6. Berdasarkan Khalayak Sasaran
Iklan untuk pengguna akhir atau konsumen, Iklan untuk distributor/ pengecer, Iklan untuk pabrik

7. Berdasarkan Bentuk Cakupan
Iklan Lokal Daerah, Iklan Regional, Iklan Nasional dan Iklan Internasional

8. Berdasarkan Bentuk Fungsinya
Iklan Informasi, Iklan Persuasi, Style, Iklan Mendidik dan Iklan Parodi/ Hiburan

9. Berdasarkan Bentuk Teknik Pendekatan Penyampaian Pesan
Pendekatan rasional/ logika, Pendekatan emosional, dan Pendekatan normatif/etis

Nah Itulah, Ragam Bentuk Periklanan Indonesia 
Sumber:
https://ruangdosen.wordpress.com/2010/04/04/ragam-periklanan/

0 Response to "Ragam Bentuk Periklanan Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel