Ragam Bentuk Periklanan Indonesia
Rabu, 22 November 2017
Add Comment
Ada dua kategori ragam bentuk
iklan yaitu umum dan khusus. Secara umum dapat di bedakan menjadi 5 bentuk isi
Iklan yaitu seperti, Iklan layanan masyarakat atau tanggung jwab sosial,
bantahan, pembelaan, perbaikan
dan kekeluargaan
1.Iklan Layanan masyarakat
Iklan ini berbentuk tanggung
jawab sosial yang ditujukan untuk menyebarkan pesan yang bersifat informatif,
penerangan, pendidikan agar
membentuk sikap masyarakat sehingga bertanggungjawab terhadap masalah
sosial.
2. Iklan Bentuk Bantahan
Iklan yang digunakan untuk
membantah atau melawan atas sesuatu isu yang merugikan dan memperbaiki
citra seseorang, perusahaan,
atau merek yang tercemar.
Tujuan adalah untuk
mengeliminasi isu yang tidak menguntungkan, sekaligus meluruskan isu tersebut
pada porsi yang benar
mendapatkan perhatian publik
dan membangun simpati khalayak terhadap perusahaan. Juga termasuk membangun
opini publik bahwa perusahaan berada pada posisi yang benar.
3. Meskipun iklan ini jarang
di jumpai namun tetap ada yaitu iklan bentuk pembelaan
Iklan pembelaan ini biasanya
dikeluarkan oleh penasehat hukum perusahaan berkaitan dengan hak paten.
Pokok materi yang diajukan
untuk membela keberadaan barang, jasa, ide, atau gagasan tertentu dari klaim
pihak lain.
4. Iklan Perbaikan
Memperbaiki pesan-pesan
tidak tepat yang terlanjur dipublikasikan melalui media massa.
Biasanya berupa RALAT akibat
kesalahan penulisan di media. namanya juga manusia pasti ada luputnya meski
sudah di konsep dan di bikin sematang apapun pasti ada salahnya tak selalu
perfect
5. Iklan Keluarga
Isi pesan merupakan
pemberitahuan tentang terjadinya peristiwa peristiwa kekeluargaan kepada
keluarga
atau khalayak lainnya.
Contohnya iklan duka cita,
ucapan selamat pernikahan, selamat kelahiran, wisuda, dan sebagainya.
Nah jika secara khusus ada
banyak bentuk, kita perlu memperhatikan secara detail iklan khusus di bawah ini
1. Berdasarkan media yang
digunakan
Pertama adalah Media cetak
seperti pamflet, buletin, majalah, koran, tabloid, spanduk, baliho, balon
udara, kemasan produk, dan lain-lain. Dalam bentuk isi iklan cetak dapat berupa
iklan baris, iklan kolom, display, advertorial, dan lain-lain.
Kedua adalah menggunakan
media elektronik seperti media televisi, radio, internet dan untuk bentuknya
dapat berupa ad lib, spot, sponsor, running text, backdrop, caption, credit
title, property endorsment, promo ad, live action, animation, stop action,
still, musik, superimposed, dan
lain-lain
2. Berdasarkan Bentuk Tujuan
Iklan di tujukan untuk
Komersial dan juga bisa iklan Layanan Masyarakat
3. Berdasarkan Bentuk Bidang
Isi Pesan
Iklan Politik, Iklan
Pendidikan, Iklan Kesehatan, Iklan Kecantikan, Iklan Pariwisata, Iklan Hiburan,
Iklan Olah Raga, Iklan Hukum, Iklan Lowongan Kerja, Iklan Duka Cita, Makanan
dan Minuman, Iklan otomotif, dan Lingkungan Hidup
4. Berdasarkan
Komunikatornya
Komunikator dapat
menggunakan Iklan Personal, Iklan Teman atau rame-rame, Iklan Keluarga, Iklan
Institusi
5. Berdasarkan Bentuk Produk
Iklan Barang, Iklan Jasa,
Iklan Barang-Jasa
6. Berdasarkan Khalayak
Sasaran
Iklan untuk pengguna akhir
atau konsumen, Iklan untuk distributor/ pengecer, Iklan untuk pabrik
7. Berdasarkan Bentuk Cakupan
Iklan Lokal Daerah, Iklan
Regional, Iklan Nasional dan Iklan Internasional
8. Berdasarkan Bentuk
Fungsinya
Iklan Informasi, Iklan
Persuasi, Style, Iklan Mendidik dan Iklan Parodi/ Hiburan
9. Berdasarkan Bentuk Teknik
Pendekatan Penyampaian Pesan
Pendekatan rasional/ logika,
Pendekatan emosional, dan Pendekatan normatif/etis
Nah Itulah, Ragam Bentuk Periklanan Indonesia
Sumber:
https://ruangdosen.wordpress.com/2010/04/04/ragam-periklanan/
0 Response to "Ragam Bentuk Periklanan Indonesia"
Posting Komentar