-->

Iklan Advertorial dan 7 Cara Penulisannya

Tidak hanya produk dan jasa yang diiklankan dalam bentuk advertorial. Tetapi parpol, calon kepala daerah, kepala negara dan politikus gencar  mempromosikan diri melalui advertorial.

Iklan Advertorial dan 7 Cara Penulisannya

Advertorial adalah gabungan dari kata Advertising dan Editorial, Advertorial sendiri adalah iklan yang ditulis dalam gaya berita dan disajikan dalam format cerita dengan hedline dan kolom, namun tetap ditujukan untuk menjual atau mempromosikan suatu produk. Biasanya di kolom ada kode ADVERTORIAL, PARIWARA, ADS, INFORIAL dan lain-lain


Berbeda yang paling menojol  untuk Advertorial adalah iklan yang digunakan untuk mempromosikan pandangan tertentu dari sponsornya. Biasanya Advertorial berbentuk iklan khusus yang sengaja dirancang dan ditulis agar terlihat seperti publikasi media cetak dimana Ia akan tampil. Namun, Kecenderungan penulisan advertorial dianggap mirip dengan berita. Bentuknya cenderung subjektif, pesannya tergantung komunikator.  

Bagaimana Cara Menulis Teks Advertorial
Beberapa hal yang mesti anda perhatikan dan pahami dalam menulis advertorial yaitu 
1. Paragraf, kalimat dan kata-kata yang digunakan harus diusahakan sesingkat dan sepadat mungkin. Sebagai contoh tulislah “rumah”, bukan “kediaman”, tulisan kata “jika” di gunakan untuk menghemat kata “apabila”.
2. Usahakanlah selalu agar setiap siaran tidak lebih dari satu halaman atau selembar kertas saja.
3. Hindari gaya bahasa superlatif, yakni gaya bahasa yang berlebihan. Jauhi pula kata-kata yang terlampau memuji-muji diri sendiri. Hindari ekspresi yang serba hebat, seperti “terbesar di dunia”, “termegah di abad ini”, dan lain-lain.
4. Hindari generalisasi yang tidak jelas dan kecondongan untuk menjelaskan segala sesuatu yang bisa berakibat keluarnya tulisan dari konteks aslinya. Sebisa mungkin kemukakan fakta-faktanya sehingga kesan unggul dari produk/jasa yang bersangkutan akan muncul dengan sendirinya.
5. Sebaiknya jangan memakai kata-kata klise seperti “unik”, bercakupan luas”, “sangat ilmiah”, sampai detik ini”.
6. Jangan mengutip pendapat atau komentar dari seseorang tokoh, kecuali jika langsung bersumber dari orang yang bersangkutan.
7. Jangan sembarangan memilih media. Sebab masing-masing media massa memiliki khalayak pembaca yang berbeda-beda.  

Nah Itulah, Iklan Advertorial dan Bagaimana cara menulisnya

0 Response to "Iklan Advertorial dan 7 Cara Penulisannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel