Amazing Belanja Iklan TVC 2017 Tembus 26,38 triliun
Rabu, 13 Desember 2017
Add Comment
Sebagaimana di lansir di
Liputan6.com, Tim Adstensity mencatat, sejumlah titik iklan yang ada di
televisi periode Januari-November 2017 tercatat ada 49.790 titik iklan online
ticketing pada 2017. Angka itu naik 27,30 persen jika dibandingkan dengan titik
iklan online ticketing periode Januari-November 2016 yang berada di 36.196
titik iklan.
Hasil monitoring iklan
televisi Adstensity juga mencatat ada 12 merek yang terlihat mengiklankan
produk di televisi selama Januari-November 2017.
1. Traveloka mencatatkan
posisi pertama untuk belanja iklan dengan total belanja iklan sebesar Rp 794,05
miliar. Jumlah itu mencakup sekitar 67,81 persen dari total belanja iklan
televisi dari para pebisnis online ticketing
2. Agoda berada di posisi
kedua dengan belanja iklan Rp 155 miliar
3. Misteraladin.com dengan
total belanja iklan Rp 105,17 miliar
4. Tiket.com dan
Pegipegi.com yang masing-masing dengan total belanja iklan Rp 39,34 miliar dan
Rp 39,14 miliar
Untuk titik iklan, Traveloka
tetap masih memimpin jauh di angka 37.544 titik iklan. Pesaingnya Agoda,
Misteraladin.com, Pegipegi.com, Tiket.com masing-masing 4.865 titik iklan,
2.574 titik iklan, 2.137 titik iklan dan 1.269 titik iklan. Traveloka kuasai
75,4 persen dari keseluruhan titik iklan online ticketing di televisi mulai
Januari-November 2017.
Belanja Iklan TV Tembus Rp
26,38 Triliun Selama 9 Bulan
Sebelumnya Unilever
mendominasi belanja iklan TV sepanjang kuartal III 2017 dengan nilai total Rp
1,9 triliun. Ini berarti sekitar 7 persen dari total belanja iklan TV yang
mencapai Rp 26,38 triliun.
Demikian hasil monitoring
iklan televisi (TVC) Adstensity pada kuartal III 2017 di 13 stasiun TV
nasional. Unilever mendominasi dengan merek dari industri personal care yang
berada di Top 10 Brand Spending. Keempat merek keluaran Unilever yang
menyumbang besaran belanja iklan televisi pada kuartal III 2017 adalah Dove,
Walls, Clear dan Lifebouy.
Bila dibanding tahun
sebelumnya, total belanja iklan televisi mengalami kenaikan sebesar 12,49
persen secara year on year (yoy) jika dibandingkan dengan kuartal III 2016,
yakni dari Rp 23,45 triliun dan tahun ini yang mencapai Rp 26,38 triliun.
1. Dove merupakan merek yang
paling banyak mengeluarkan dana belanja iklan. Pada kuartal III tahun ini,
total belanja iklan Dove mencapai Rp 602,45 miliar.
2. Ada Walls dari industri
minuman yang mengeluarkan dana belanja iklan sebesar Rp 503,67 miliar.
3. Di duduki industri
personal care, yaitu merek Clear dengan belanja iklan sebesar Rp 501,32 miliar.
4. Meikarta Apartment dengan
total belanja iklan sebesar Rp 454,54 miliar.
5. Djarum berada di tempat
ke-5 dengan mengeluarkan dana untuk beriklan sebesar Rp 414,37 milliar.
6. Selanjutnya ada institusi
pemerintahan, yakni Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dengan belanja iklan
sebesar Rp 401,89 miliar.
7. Pada posisi ke-7
ditempati oleh merek Sampoerna yang mengeluarkan belanja iklan sebesar Rp
399,11 miliar.
8. Lalu posisi ke-8
ditempati oleh merek Samsung dengan belanja iklan sebesar Rp 385,54 miliar.
Pada posisi ke-9 dan ke-10
diduduki oleh industri personal care dengan merek Pantene dan Lifebuoy dengan
masing-masing mengeluarkan belanja iklan sebesar Rp 369,99 miliar dan Rp 342,79
miliar.
Hasil monitoring Adstensity
menunjukkan bahwa pada kuartal III 2017, total belanja iklan di 13 stasiun TV
nasional mencapai Rp 26,38 triliun. Angka belanja iklan televisi ini mengalami
kenaikan sebesar 12,49 persen secara year on year (yoy) jika dibandingkan
dengan kuartal III 2016 yang mencapai Rp 23,45 triliun.
Dengan jumlah belanja iklan
yang jauh di atas merek lainnya, jumlah titik iklan dari Dove juga berada di
paling atas dari merek lainnya. Sepanjang kuartal III 2017, total titik iklan
Dove mencapai 22.840 penayangan. Hal ini berarti merek Dove rata-rata mengeluarkan
belanja iklan Rp 26,3 juta untuk satu titik iklan.
Sementara itu, Walls menjadi
yang kedua dalam jumlah titik iklan dengan 18.224 penayangan. Selanjutnya
diikuti oleh Clear, Samsung dan Traveloka dengan masing-masing sejumlah 17.593,
14.497, dan 14.053 penayangan.
Sumber: Liputan6
0 Response to "Amazing Belanja Iklan TVC 2017 Tembus 26,38 triliun"
Posting Komentar