Pengertian Advertising Agency dan Kriteria Advertising Agency yang Berkualitas
Rabu, 22 November 2017
Add Comment
Advertising Agency atay Agen
iklan adalah sebuah organisasi layanan atau badan usaha yang mengkhususkan diri
dalam bidang perencanaan, pembuatan, pengelolaan, dan pelaksanaan program
periklanan untuk klien. Membuat iklan menjadikan sebuah proses panjang yang
melibatkan para ahli dari berbagai bidang. Agen iklan biasanya perusahaan
independen yang menawarkan pekerjaan kualitatif dan membantu organisasi atau
individu untuk mencapai target audien melalui iklan yang eye-catching baik
berupa audio, visual maupun penggabungan keduanya. Rencana agen iklan meliputi
perencanaan, penelitian, pengelolaan, dan mengeksekusi iklan pada platform
media yang berbeda untuk klien (pengiklan).
Fungsi Agen Iklan
Agen iklan memiliki berbagai
macam fungsi mulai dari perwujudan ide, komersialisasi produk / layanan baru
untuk pengembangan hubungan masyarakat yang sehat.
Advertising Agency dapat
dikatakan mempunyai fungsinya apabila :
Mengambil ide / pesan
pengiklan dan mengubahnya menjadi sebuah sarana komunikasi yang efektif dan
mengesankan.
Meningkatkan penjualan klien
dengan iklan yang dibuatnya.
Mampu mengintegrasikan
layanan professional dan kualitas.
Mampu mempercepat
pertumbuhan ekonomi dan menciptakan kesadaran publik melalui iklan yang
dibuatnya.
Mampu mengumpulkan umpan
balik yang diberikan oleh pelanggan dan audien lainnya untuk perbaikan
perusahaan di masa yang akan datang.
Sarana dan Prasarana Yang
Harus Dimiliki Oleh Advertising Agency
Advertising Agency
menawarkan solusi terpadu di bawah satu atap untuk klien (pemasang iklan).
Advertising Agency memiliki tenaga profesional yang berkualitas, yang memiliki
keahlian di bidangnya masing-masing. Misalnya, copywriter, penulis jingle,
perencana, peneliti, videographers, manajer, dll. Para ahli tersebut mutlak
diperlukan untuk memberikan layanan terbaik pada klien.
Selain memiliki tenaga
professional, Advertising Agency harus memiliki fitur untuk mengoptimalkan
layanan kepada klien.
Berikut ini beberapa fitur kualitas yang seharusnya
dimiliki oleh sebuah Advertising Agency:
Memiliki kontak sosial yang
besar dan jaringan besar.
Memanfaatkan setiap sumber
daya yang dimiliki secara optimal
Memberikan kualitas kerja.
Menghemat biaya dalam
pembuatan iklan.
Jenis-jenis Agen Iklan
Berdasarkan fungsi dan
ukuran, berikut ini adalah jenis- jenis Advertising Agency yang paling umum
ditemukan:
1. Full Service Agency
Ini adalah sebuah perusahaan
besar yang memiliki berbagai macam layanan iklan dan solusi pemasaran.
2. Interactive Agency
Ini adalah agen iklan pintar
yang menggunakan semua teknologi digital terbaru. Agen Iklan ini menawarkan
solusi iklan kreatif dan interaktif yang cukup signifikan.
3. Creative Boutiques
Sebuah perusahaan berukuran
kecil khusus dalam layanan iklan kreatif.
4. Media Buying Agency
Ini adalah lembaga yang
membeli dan mengelola tempat untuk iklan dan jenis lain dari kampanye produk.
Badani juga mengelola jadwal waktu dengan media untuk menempatkan iklan dan
mengawasi iklan untuk melihat apakah iklan disiarkan dengan benar dan tepat
waktu atau tidak.
5. In-House Agency
Ini adalah lembaga layanan
iklan penuh, biasanya built-in dan bekerja sesuai kebutuhan organisasi.
6. Agen Iklan Khusus
Ada beberapa jenis
Advertising Agency khusus, yang hanya memberikan layanan jenis iklan tertentu
saja. Badan iklan ini dikenal sebagai agen iklan khusus. Advertising Agency ini
memiliki layanan yang sangat berkualitas dan tenaga ahli yang benar-benar
profesional di bidangnya. Agen iklan jenis ini biasanya Agen Iklan yang
menyediakan iklan keuangan, iklan obat, dan iklan yang terkait dengan isu-isu
sosial dan politik, dll
Jenis-jenis Layanan Agen
Iklan
Advertising Agency
memberikan berbagai macam layanan iklan dan solusi pemasaran. Ada berbagai
jenis agen iklan yang dibedakan berdasarkan layanan yang diberikan, berikut ini
jenis-jenis agen iklan:
1. Integrated Ad Service
Adalah layanan iklan yang
menyediakan layanan mulai dari perencanaan strategis, menberikan rancangan kreatif
dan pengembangan, penelitian yang mendalam, dan pemilihan media untuk eksekusi
iklan.
2. Integrated Media Service
Layanan iklan yang
memberikan penawaran bagi pengiklan untuk media cetak, media elektronik, dan
media digital. Ini adalah media yang berada di antara pengiklan dan media.
3. Marketing Services
Menyediakan berbagai solusi
pemasaran termasuk iklan, promosi penjualan, kampanye, riset pasar, pemasaran
event, public relations, dan banyak lagi.
4. Content Services
Menyediakan konten untuk
berbagai macam acara, acara TV, konten animasi, dan untuk hiburan juga.
5. e-Solution
Menyediakan berbagai macam
e-solusi. Misalnya, layanan integrasi sistem, pemasaran mesin pencari,
konsultasi e-bisnis & manajemen hubungan pelanggan, promosi e-sales, dll
6. Integrated Branding Service
– Memastikan pengiklan dan klien menerima layanan branding dengan kualitas
tertinggi.
Nah itulah Pengertian Advertising Agency dan Kriteria Advertising Agency yang Berkualitas. Jadi apabila saudara ingin
beriklan yang mampu mendongkrak penjualan pilihlah Advertising Agency yang
berkualitas dan menjamin jangan asal-asalan.
0 Response to "Pengertian Advertising Agency dan Kriteria Advertising Agency yang Berkualitas"
Posting Komentar