-->

Pengertian Advertising Agency dan Kriteria Advertising Agency yang Berkualitas

Advertising Agency atay Agen iklan adalah sebuah organisasi layanan atau badan usaha yang mengkhususkan diri dalam bidang perencanaan, pembuatan, pengelolaan, dan pelaksanaan program periklanan untuk klien. Membuat iklan menjadikan sebuah proses panjang yang melibatkan para ahli dari berbagai bidang. Agen iklan biasanya perusahaan independen yang menawarkan pekerjaan kualitatif dan membantu organisasi atau individu untuk mencapai target audien melalui iklan yang eye-catching baik berupa audio, visual maupun penggabungan keduanya. Rencana agen iklan meliputi perencanaan, penelitian, pengelolaan, dan mengeksekusi iklan pada platform media yang berbeda untuk klien (pengiklan).
Pengertian Advertising Agency dan Kriteria Advertising Agency yang Berkualitas

Fungsi Agen Iklan

Agen iklan memiliki berbagai macam fungsi mulai dari perwujudan ide, komersialisasi produk / layanan baru untuk pengembangan hubungan masyarakat yang sehat.

Advertising Agency dapat dikatakan mempunyai fungsinya apabila :

Mengambil ide / pesan pengiklan dan mengubahnya menjadi sebuah sarana komunikasi yang efektif dan mengesankan.
Meningkatkan penjualan klien dengan iklan yang dibuatnya.
Mampu mengintegrasikan layanan professional dan kualitas.
Mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi dan menciptakan kesadaran publik melalui iklan yang dibuatnya.
Mampu mengumpulkan umpan balik yang diberikan oleh pelanggan dan audien lainnya untuk perbaikan perusahaan di masa yang akan datang.
Sarana dan Prasarana Yang Harus Dimiliki Oleh Advertising Agency

Advertising Agency menawarkan solusi terpadu di bawah satu atap untuk klien (pemasang iklan). Advertising Agency memiliki tenaga profesional yang berkualitas, yang memiliki keahlian di bidangnya masing-masing. Misalnya, copywriter, penulis jingle, perencana, peneliti, videographers, manajer, dll. Para ahli tersebut mutlak diperlukan untuk memberikan layanan terbaik pada klien.
Selain memiliki tenaga professional, Advertising Agency harus memiliki fitur untuk mengoptimalkan layanan kepada klien. 

Berikut ini beberapa fitur kualitas yang seharusnya dimiliki oleh sebuah Advertising Agency: 
Memiliki kontak sosial yang besar dan jaringan besar.
Memanfaatkan setiap sumber daya yang dimiliki secara optimal
Memberikan kualitas kerja.
Menghemat biaya dalam pembuatan iklan.
Jenis-jenis Agen Iklan

Berdasarkan fungsi dan ukuran, berikut ini adalah jenis- jenis Advertising Agency yang paling umum ditemukan:
1. Full Service Agency
Ini adalah sebuah perusahaan besar yang memiliki berbagai macam layanan iklan dan solusi pemasaran.
2. Interactive Agency
Ini adalah agen iklan pintar yang menggunakan semua teknologi digital terbaru. Agen Iklan ini menawarkan solusi iklan kreatif dan interaktif yang cukup signifikan.
3. Creative Boutiques
Sebuah perusahaan berukuran kecil khusus dalam layanan iklan kreatif.
4. Media Buying Agency
Ini adalah lembaga yang membeli dan mengelola tempat untuk iklan dan jenis lain dari kampanye produk. Badani juga mengelola jadwal waktu dengan media untuk menempatkan iklan dan mengawasi iklan untuk melihat apakah iklan disiarkan dengan benar dan tepat waktu atau tidak.
5. In-House Agency
Ini adalah lembaga layanan iklan penuh, biasanya built-in dan bekerja sesuai kebutuhan organisasi.
6. Agen Iklan Khusus
Ada beberapa jenis Advertising Agency khusus, yang hanya memberikan layanan jenis iklan tertentu saja. Badan iklan ini dikenal sebagai agen iklan khusus. Advertising Agency ini memiliki layanan yang sangat berkualitas dan tenaga ahli yang benar-benar profesional di bidangnya. Agen iklan jenis ini biasanya Agen Iklan yang menyediakan iklan keuangan, iklan obat, dan iklan yang terkait dengan isu-isu sosial dan politik, dll

Jenis-jenis Layanan Agen Iklan 
Advertising Agency memberikan berbagai macam layanan iklan dan solusi pemasaran. Ada berbagai jenis agen iklan yang dibedakan berdasarkan layanan yang diberikan, berikut ini jenis-jenis agen iklan: 
1. Integrated Ad Service
Adalah layanan iklan yang menyediakan layanan mulai dari perencanaan strategis, menberikan rancangan kreatif dan pengembangan, penelitian yang mendalam, dan pemilihan media untuk eksekusi iklan.
2. Integrated Media Service
Layanan iklan yang memberikan penawaran bagi pengiklan untuk media cetak, media elektronik, dan media digital. Ini adalah media yang berada di antara pengiklan dan media.
3. Marketing Services
Menyediakan berbagai solusi pemasaran termasuk iklan, promosi penjualan, kampanye, riset pasar, pemasaran event, public relations, dan banyak lagi.
4. Content Services
Menyediakan konten untuk berbagai macam acara, acara TV, konten animasi, dan untuk hiburan juga.
5. e-Solution
Menyediakan berbagai macam e-solusi. Misalnya, layanan integrasi sistem, pemasaran mesin pencari, konsultasi e-bisnis & manajemen hubungan pelanggan, promosi e-sales, dll
6. Integrated Branding Service – Memastikan pengiklan dan klien menerima layanan branding dengan kualitas tertinggi.


Nah itulah Pengertian Advertising Agency dan Kriteria Advertising Agency yang Berkualitas. Jadi apabila saudara ingin beriklan yang mampu mendongkrak penjualan pilihlah Advertising Agency yang berkualitas dan menjamin jangan asal-asalan.

0 Response to "Pengertian Advertising Agency dan Kriteria Advertising Agency yang Berkualitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel