Copywriter Handal Itu?
Kamis, 23 November 2017
Add Comment
Iklan kreatif adalah seni
dalam dimensi kreatifnya dan sekaligus sains dalam dimensi strategisnya. Dalam
iklan kata-kata dan gambar bekerja sama untuk menghasilkan konsep kreatif.
Namun, ide di balik konsep kreatif iklan biasanya diekspresikan dalam tulisan
atau bahasa yang menarik perhatian dan gampang diingat. Iklan dalam bentuk
tulisan atau bahasa dikenal dengan istilah naskah iklan atau copywriting.
Seberapa Penting Peran Seorang Copywriter?
Naskah iklan atau
copywriting merupakan pembuatan atau penulisan suatu kopi iklan untuk media.
Bagaimanapun perumusan sebuah naskah iklan, tentu perumusan itu sendiri
merupakan suatu hal yang unik mengingat naskah tersebut dibuat dengan terlebih
dahulu memperhatikan segala informasi yang tersedia.
Kata-kata merupakan alat yang kuat dalam advertising dan orang yang memahami keindahan dan kekuatannya, serta tahu cara memanfaatkannya, adalah copywriter yang baik.
Copywriter Handal Itu?
Orang yang
menyusun dan mengukir kata-kata di iklan disebut copywriter. Copywriter iklan
yang sukses adalah pemasar yang cerdas dan menguasai bahasa dan sastra,
terkadang dijuluki “killer poet.” Copywriter menyukai kata-kata dan mencari
kalimat yang cerdas, menggelitik, deskripsi yang kuat, kalimat yang menohok,
dan perbedaan-perbedaan halus. Selain
punya kemampuan membuat frasa yang baik, mereka mampu mendengarkan dan
mengidentifikasi suara yang sesuai dengan audensi sasaran dan kebutuhan
advertising. Kecakapan bahasa adalah salah satu kemampuan dasar semua
copywriter.
Copywriting (penulisan
naskah) bisa juga dikatakan pengembangan ide kreatif ke dalam bentuk naskah iklan. Albert & Shiek
berpendapat bahwa peran seorang copywriter sering disalah artikan
hanya sebagai pembuat tagline atau copy dalam Iklan saja, padahal
seorang copywriter mempunyai peran yang lebih dan juga sangat penting, mereka
juga menentukan bagaimana sebuah ide iklan itu bisa sampai pada khalayak
melalui naskah yang mereka buat. Naskah tidak terbatas pada copy saja tetapi
mencakup keseluruhan dari ide dan konsep sebuah iklan.
Dari berbagai macam media
yang ada, banyak pengiklan yang memandang televisi sebagai media yang paling
efektif untuk menyampaikan informasi. Salah satu kekuatan televisi adalah
kemampuannya untuk memperkuat pesan verbal dengan gambar atau memperkuat gambar
dengan pesan verbal. Seperti dijelaskan Peter Hochstein dari Ogilvy,
Ide di balik iklan televisi
adalah keunikan advertising. Iklan TV berisi gambar yang bergerak untuk
membangkitkan emosi atau menyajikan fakta, dan kata-kata yang tidak dibaca
tetapi didengar. Kombinasi tayangan gambar dan suara dapat menjadi alat penjualan yang kuat.
Nah, menjadi Copywriting Handal Itu sangat sulit di sisi kita harus menguasai ilmu sastra dan bahasa, setidaknya ilmu marketing mix pun kita harus menguasai. Pantas saja jika seorang copywriter handal menjadi posisi yang sangat bergengsi.
0 Response to "Copywriter Handal Itu?"
Posting Komentar