-->

Copywriter Handal Itu?

Iklan kreatif adalah seni dalam dimensi kreatifnya dan sekaligus sains dalam dimensi strategisnya. Dalam iklan kata-kata dan gambar bekerja sama untuk menghasilkan konsep kreatif. Namun, ide di balik konsep kreatif iklan biasanya diekspresikan dalam tulisan atau bahasa yang menarik perhatian dan gampang diingat. Iklan dalam bentuk tulisan atau bahasa dikenal dengan istilah naskah iklan atau copywriting.


Seberapa Penting Peran Seorang Copywriter?
Naskah iklan atau copywriting merupakan pembuatan atau penulisan suatu kopi iklan untuk media. Bagaimanapun perumusan sebuah naskah iklan, tentu perumusan itu sendiri merupakan suatu hal yang unik mengingat naskah tersebut dibuat dengan terlebih dahulu memperhatikan segala informasi yang tersedia.

Kata-kata merupakan alat yang kuat dalam advertising dan orang yang memahami keindahan dan kekuatannya, serta tahu cara memanfaatkannya, adalah copywriter yang baik. 
Copywriter Handal Itu?
Orang yang menyusun dan mengukir kata-kata di iklan disebut copywriter. Copywriter iklan yang sukses adalah pemasar yang cerdas dan menguasai bahasa dan sastra, terkadang dijuluki “killer poet.” Copywriter menyukai kata-kata dan mencari kalimat yang cerdas, menggelitik, deskripsi yang kuat, kalimat yang menohok, dan perbedaan-perbedaan halus.  Selain punya kemampuan membuat frasa yang baik, mereka mampu mendengarkan dan mengidentifikasi suara yang sesuai dengan audensi sasaran dan kebutuhan advertising. Kecakapan bahasa adalah salah satu kemampuan dasar semua copywriter.

Copywriting (penulisan naskah) bisa juga dikatakan pengembangan ide kreatif ke dalam  bentuk naskah iklan. Albert & Shiek berpendapat bahwa peran seorang copywriter sering disalah artikan hanya sebagai pembuat tagline atau copy dalam Iklan saja, padahal seorang copywriter mempunyai peran yang lebih dan juga sangat penting, mereka juga menentukan bagaimana sebuah ide iklan itu bisa sampai pada khalayak melalui naskah yang mereka buat. Naskah tidak terbatas pada copy saja tetapi mencakup keseluruhan dari ide dan konsep sebuah iklan.

Dari berbagai macam media yang ada, banyak pengiklan yang memandang televisi sebagai media yang paling efektif untuk menyampaikan informasi. Salah satu kekuatan televisi adalah kemampuannya untuk memperkuat pesan verbal dengan gambar atau memperkuat gambar dengan pesan verbal. Seperti dijelaskan Peter Hochstein dari Ogilvy,


Ide di balik iklan televisi adalah keunikan advertising. Iklan TV berisi gambar yang bergerak untuk membangkitkan emosi atau menyajikan fakta, dan kata-kata yang tidak dibaca tetapi didengar. Kombinasi tayangan gambar dan suara dapat menjadi alat  penjualan yang kuat.

Nah, menjadi Copywriting Handal Itu sangat sulit di sisi kita harus menguasai ilmu sastra dan bahasa, setidaknya ilmu marketing mix pun kita harus menguasai. Pantas saja jika seorang copywriter handal menjadi posisi yang sangat bergengsi. 

0 Response to "Copywriter Handal Itu?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel