4 Cara Ini Termudah Melakukan Digital Branding
Selasa, 05 Desember 2017
Add Comment
seorang pakar mengatakan "Orang paling kaya adalah
orang yang punya brand. Contohnya orang yang punya Nike. Tidak punya pabrik,
tidak punya karyawan, tidak mikirin di demo buruh, tidak mikirin bahan baku.
Pemiliknya hanya ngitung untung tiap hari. Pabriknya di outsource, design
outsource, buruhnya bangsa lain. Tidur uangnya ngalir, lagi di kamar mandi pun
uangnya ngocor terus! Kalo pabriknya dibakar seluruh dunia pun pemiliknya akan
tetap kaya karena pabrik baru akan segera berdiri tanpa bikin pusing
pemiliknya'.
Ketika pertama kali Anda melihat atau mendengar tentang “Apple”,
apa yang pertama kali terlintas dalam benak Anda? Nah, jika Anda menjawab “Produk keren dan
berkelas tinggi”, maka hal itulah yang dinamakan branding atau pencitraan merek
dari raksasa teklogi asal Amerika itu. Begitu pula saat Anda mendengar kata
Excelso, kemungkinan yang terlintas pertama kali di benak Anda adalah “kedai
kopi yang nyaman”, “kopi dengan kualitas top”, Nah hal inilah yang juga
menunjukkan branding atau pencitraan merek yang bagus.
Bisnis yang memiliki kesan
yang bagus ini, sangat berpengalaman dalam hal melakukan pencitraan atau
branding. Contoh-contoh diatas merupakan
contoh brand secara global, Anda juga bisa melihat bisnis bisnis lokal yang
terkenal di wilayah Anda yang mampu
melakukan branding dengan bagus.
Pencitraan merek atau brand
yang unik sangat penting untuk bisnis
Anda. Hal ini yang mampu membedakan bisnis bisnis Anda dengan pesaing
Anda. Merek juga sangat penting untuk membuat
pelanggan selalu ingat saat mereka pergi setelah menikmati layanan di bisnis
Anda. Hal ini juga yang mempengaruhi pengalaman mereka sebelum, selama, dan
setelah kunjungan mereka. Situs web,
pelayanan, pembaruan media sosial, email, dan desain bisnis semuanya harus
memiliki pencitraan merek yang konsisten.
Selanjutnya bagaimana
mengelola branding dan bagaimana Anda
tahu jika bisnis Anda membutuhkan perombakan merek (brand)? Mari kita
bicara tentang lima komponen penting branding yang harus ada pada bisnis Anda:
1. Memberi Nama bisnis anda
Proses branding sebuah
bisnis diawali dengan memilih nama untuk bisnis Anda. Pikirkan tentang nama
yang tepat untuk bisnis Anda, misalnya
sesuai dengan jenis bisnis Anda. Apabila Anda bisnis online yang menjual bukan produk
sendiri (dagang), maka nama toko online
Anda harus dipilih dengan baik. Jika
Anda tertarik dengan apa yang dipikirkan
pelanggan saat melihat nama bisnis Anda,
tanyakan saja kepada mereka, baik secara langsung maupun tidak langsung
melalui media sosial atau email.
2. Memberi Logo bisnis
Logo adalah tanda yang mudah
diingat yang dapat dikenali oleh pelanggan, baik pada materi yang Anda kirimkan
melalui iklan digital maupun konvensional. Ada banyak hal yang perlu
diperhatikan ketika kita membuat logo,
yaitu font, warna, dan bagaimana logo merefleksikan kepribadian bisnis
yang Anda layani.
Buat lah Logo yang sederhana
dan mudah di ingat
Misalnya, logo McDonalds menggunakan kuning dan merah, yang secara psikologi
mencerminkan kebahagiaan, kegembiraan dan warna merah yang mampu membangkitkan
nafsu makan. Untuk mencurahkan segala inspirasi dan nilai-nilai dari
bisnis, Anda bisa bekerja sama dengan mitra atau jasa pembuatan desain
logo untuk memperbaiki brand (logo) Anda.
3. Membuat Website bisnis
Berdasarkan statistik dari
OpenTable, 86% calon konsumen “selalu” atau “sering” memeriksa produk apa saja yang
disajikan, secara online sebelum mereka membeli produk Anda. Sementara itu
sekarang ini semakin banyak pemilik bisnis yang tidak hanya memiliki website
namun juga sudah memanfaatkan Instagram sebagai media sosial interaktif untuk
bisnis mereka (lihat poin 3), penting juga untuk memiliki sebuah website yang
baik untuk menampilkan informasi mulai dari Info produk, diskon, lokasi,
riwayat, informasi kontak, daftar email pendaftaran, blog, dan link ke artikel tentang bisnis Anda.
Kemudian Anda bisa mencantumkan link ke profil media sosial Anda seperti
Facebook, Twitter, dan Instagram di website.
4. Memberi konten Bermanfaat
Sebagai bisnis, konten yang
akan Anda persiapkan bisa berupa apa saja termasuk update media sosial, posting
blog, iklan video, atau email promo. Yang terpenting dari perspektif branding
(merek) ini adalah bagaimana Anda tetap bisa konsisten dalam membuat konten
yang relevan bagi pelanggan Anda.
Menurut Elite Daily, 62%
generasi milenial mengatakan bahwa konten online dan berkualitas membuat mereka
merasa lebih terhubung dan dekat dengan
suatu brand. Untuk itu temukan calon pelanggan potensial (audience)
Anda, dan kirimkan pembaruan konten yang bisa menyenangkan pelanggan
(audience) Anda melalui saluran media sosial yang kemungkinan besar mereka
gunakan sehari-hari.
Misalnya Anda bisa memberikan kalimat ucapan selamat datang
kepada pelanggan baru (subscriber) ke daftar email mereka dengan percakapan
“Halo sahabat baru!” Dan dapat Anda lanjutkan dengan kalimat “Anda akan kami
berikan informasi, tips menarik hingga promo-promo menarik, langsung ke email
Anda."
Fokus untuk memberikan
konten terbaik kepada pelanggan dan calon pelanggan sebagai representatif
dari bisnis Anda.
Mulai dari bahasa
yang Anda gunakan, informasi
bermanfaat hingga bisa memberi giveaway yang bisa dimanfaatkan untuk
mendatangkan pengikut (followers) baru di akun media sosial.
Seorces:
free-ebook.indeo.id
0 Response to "4 Cara Ini Termudah Melakukan Digital Branding"
Posting Komentar