2 Cara Termudah Strategi Branding dalam Ceruk Pasar
Senin, 04 Desember 2017
Add Comment
Seberapa penting
marketing dalam perusahaan ?
Marketing
management merupakan aspek VITAL dalam dunia pemasaran. Dimana ketika semua
digodog dan harus fokus ke penerapan aksi nyata dari teknik pemasaran yang
terkait dengan visi dan misi sebuah perusahaan. Bukan hanya itu, dalam
pelaksanaan Marketing management pun sudah pasti membutuhkan sesuatu
perencanaan yang matang agar apa yang dilakukan dapat mendatangkan keuntungan
nilai jangka panjang.
Perencanaan
strategis merupakan bagian dalam manajemen pemasaran, dimana perencanaan yang
dibuat harus sesuai dengan visi, misi dan filosofi perusahaan serta berada
dalam batas kemampuan perusahaan untuk melakukannya apalagi, untuk perusahaan
kecil, perusahaan yang baru berkembang atau yang menghadap iklim pemasaran yang
kurang stabil.
Sebagai contoh,
Jika anda sebagai pemilik perusahaan berupaya menentukan cara agar
usaha/perusahaan mendapat untung maksimal, dapat berkembang dan berjalan dengan
baik untuk paling tidak 3 hingga 5 tahun ke depan dan bukan hanya untuk 1 atau
2 bulan ke depan saja. jika anda sudah melakukan hal itu berarti anda sudah
melakukan perencanaan strategis untuk manajemen pemasaran perusahaan anda.
Sebagai contoh:
Visi Misi Perusahaan Besar Samsung
Visi Samsung 2020
"Menginspirasi
Dunia, Menciptakan Masa Depan".
Visi 2020
merupakan inti komitmen kami untuk menciptakan dunia yang lebih baik yang penuh
dengan pengalaman digital yang lebih kaya, melalui teknologi dan produk
inovatif.
Tujuan visi ini
adalah untuk menjadi merek yang dicintai, perusahaan yang inovatif, dan
perusahaan yang dikagumi. Oleh karena itu, kami mendedikasikan usaha kami untuk
kreativitas dan inovasi, berbagi nilai dengan mitra kami, dan karyawan kami
yang hebat.
Kami telah
memberi produk dan layanan terbaik dunia melalui semangat akan inovasi dan
operasi yang optimal.
Kami berharap
dapat menjelajahi area bisnis baru seperti alat kesehatan dan otomotif, dan
melanjutkan perjalanan dalam sejarah inovasi.
Samsung
Electronics akan menyambut tantangan dan kesempatan baru dengan sukacita.
Misi:
Menginspirasi
dunia dengan teknologi inovatif, produk dan desain yang memperkaya kehidupan
masyarakat dan berkontribusi pada kemakmuran sosial dengan menciptakan masa
depan baru.
Merek yang di
cintai, Perusahaan yang inovatif dan di kagumi
ARAH SRATEGIS
Kretivitas,
Kemitraan dan Karyawan yang Hebat.
Dalam
Strategi Branding Pemasaran ada dua kategori perencanaan strategis untuk marketing
management yang sudah di kenal sejak lama yaitu Situation-Target-Proposal dan
Draw-See-Think-Plan.
Pertama
Situation Target dan Proposal
Tipe perencanaan
strategis ini, tipe yang diterapkan ketika perusahaan anda berada dalam kondisi
baik, dengan segala aspek sumber daya dan biaya terpenuhi sesuai dengan kondisi
serta ukuran perusahaan.
Tipe perencanaan
strategis ini terdiri dari tahap situation atau evaluasi situasi terkini yang
menjadi dasar perencanaan dan pelaksanaan marketing management (Situation),
penentuan tujuan akhir dari perencanaan manajemen pemasaran tersebut (Target)
dan pembuatan strategi yang terperinci untuk mencapai hasil yang diinginkan
(Proposal).
Perencanaan
strategis tipe ini merupakan tipe ideal yang bisa diterapkan oleh perusahaan
mana saja, namun bentuk ini biasanya kurang cocok untuk perusahaan yang
menghadapi situasi pemasaran yang sering tidak terduga atau beresiko tinggi.
Hal ini karena
perusahaan yang baik harus bisa bersiap diri untuk menghadapi berbagai
tantangan atau halangan yang mungkin muncul dan dapat mengacaukan rencana
manajemen pemasaran yang sudah disusun rapi sejak awal.
Oleh karena itu,
bentuk perencanaan strategis seperti ini biasanya hanya dijadikan garis besar
untuk perencanaan manajemen pemasaran yang lebih rinci.
Kedua Skema,
menganalisis, rencana dan sumber daya yang di butuhkan (Draw-See-Think-Plan)
Tipe perencanaan
strategis ini sangat terperinci karena melibatkan perhitungan akan situasi yang
kurang ideal yang menghalangi pencapaian target dari marketing management
perusahaan anda.
Sebagai contoh
kecil, jika anda memiliki perusahaan katering yang membidik profesional muda
dan pekerja kantor namun tidak mendapat banyak keuntungan padahal ada banyak
kantor di dekat lokasi perusahaan katering anda, situasi yang tidak ideal ini
harus dimasukkan ke dalam skema perencanaan strategis untuk manajemen
pemasaran.
Dalam tipe
perencanaan ini, anda harus membuat skema target ideal perusahaan anda (Draw),
menganalisis kondisi tidak ideal yang membuat perusahaan anda tidak bisa
mencapai kondisi ideal tersebut (See), rencana aksi spesifik untuk menjembatani
kondisi ideal dan tidak ideal tersebut (Think), serta sumber daya yang
dibutuhkan agar rencana tersebut berjalan dengan baik (Plan).
Tipe perencanaan
strategis ini sangat baik diterapkan dalam manajemen pemasaran jika anda merasa
bahwa perusahaan anda berada dalam kondisi yang cukup sulit, menghadapi banyak
persaingan, berada dalam iklim pemasaran yang bergejolak atau baru berkembang sehingga
belum memiliki cukup dana, sumber daya dan kemampuan dalam bersaing.
Nah, Itulah 2
Strategi Branding Pemasaran
sources :
Samsung Indonesia
rajapresntasi Yodhia
0 Response to "2 Cara Termudah Strategi Branding dalam Ceruk Pasar"
Posting Komentar