-->

2 Cara Termudah Strategi Branding dalam Ceruk Pasar

Seberapa penting marketing dalam perusahaan ?
Marketing management merupakan aspek VITAL dalam dunia pemasaran. Dimana ketika semua digodog dan harus fokus ke penerapan aksi nyata dari teknik pemasaran yang terkait dengan visi dan misi sebuah perusahaan. Bukan hanya itu, dalam pelaksanaan Marketing management pun sudah pasti membutuhkan sesuatu perencanaan yang matang agar apa yang dilakukan dapat mendatangkan keuntungan nilai jangka panjang.

Perencanaan strategis merupakan bagian dalam manajemen pemasaran, dimana perencanaan yang dibuat harus sesuai dengan visi, misi dan filosofi perusahaan serta berada dalam batas kemampuan perusahaan untuk melakukannya apalagi, untuk perusahaan kecil, perusahaan yang baru berkembang atau yang menghadap iklim pemasaran yang kurang stabil.

Sebagai contoh, Jika anda sebagai pemilik perusahaan berupaya menentukan cara agar usaha/perusahaan mendapat untung maksimal, dapat berkembang dan berjalan dengan baik untuk paling tidak 3 hingga 5 tahun ke depan dan bukan hanya untuk 1 atau 2 bulan ke depan saja. jika anda sudah melakukan hal itu berarti anda sudah melakukan perencanaan strategis untuk manajemen pemasaran perusahaan anda.

Sebagai contoh: Visi Misi Perusahaan Besar Samsung

Visi Samsung 2020
"Menginspirasi Dunia, Menciptakan Masa Depan".
Visi 2020 merupakan inti komitmen kami untuk menciptakan dunia yang lebih baik yang penuh dengan pengalaman digital yang lebih kaya, melalui teknologi dan produk inovatif.

Tujuan visi ini adalah untuk menjadi merek yang dicintai, perusahaan yang inovatif, dan perusahaan yang dikagumi. Oleh karena itu, kami mendedikasikan usaha kami untuk kreativitas dan inovasi, berbagi nilai dengan mitra kami, dan karyawan kami yang hebat.
Kami telah memberi produk dan layanan terbaik dunia melalui semangat akan inovasi dan operasi yang optimal.

Kami berharap dapat menjelajahi area bisnis baru seperti alat kesehatan dan otomotif, dan melanjutkan perjalanan dalam sejarah inovasi.
Samsung Electronics akan menyambut tantangan dan kesempatan baru dengan sukacita.

Misi:
Menginspirasi dunia dengan teknologi inovatif, produk dan desain yang memperkaya kehidupan masyarakat dan berkontribusi pada kemakmuran sosial dengan menciptakan masa depan baru.
Merek yang di cintai, Perusahaan yang inovatif dan di kagumi

ARAH SRATEGIS
Kretivitas, Kemitraan dan Karyawan yang Hebat.

Dalam Strategi Branding Pemasaran ada dua kategori perencanaan strategis untuk marketing management yang sudah di kenal sejak lama yaitu Situation-Target-Proposal dan Draw-See-Think-Plan.

Pertama Situation Target dan Proposal

Tipe perencanaan strategis ini, tipe yang diterapkan ketika perusahaan anda berada dalam kondisi baik, dengan segala aspek sumber daya dan biaya terpenuhi sesuai dengan kondisi serta ukuran perusahaan.

Tipe perencanaan strategis ini terdiri dari tahap situation atau evaluasi situasi terkini yang menjadi dasar perencanaan dan pelaksanaan marketing management (Situation), penentuan tujuan akhir dari perencanaan manajemen pemasaran tersebut (Target) dan pembuatan strategi yang terperinci untuk mencapai hasil yang diinginkan (Proposal).

Perencanaan strategis tipe ini merupakan tipe ideal yang bisa diterapkan oleh perusahaan mana saja, namun bentuk ini biasanya kurang cocok untuk perusahaan yang menghadapi situasi pemasaran yang sering tidak terduga atau beresiko tinggi.

Hal ini karena perusahaan yang baik harus bisa bersiap diri untuk menghadapi berbagai tantangan atau halangan yang mungkin muncul dan dapat mengacaukan rencana manajemen pemasaran yang sudah disusun rapi sejak awal.

Oleh karena itu, bentuk perencanaan strategis seperti ini biasanya hanya dijadikan garis besar untuk perencanaan manajemen pemasaran yang lebih rinci.

Kedua Skema, menganalisis, rencana dan sumber daya yang di butuhkan (Draw-See-Think-Plan)
2 Strategi Branding Pemasaran

Tipe perencanaan strategis ini sangat terperinci karena melibatkan perhitungan akan situasi yang kurang ideal yang menghalangi pencapaian target dari marketing management perusahaan anda.

Sebagai contoh kecil, jika anda memiliki perusahaan katering yang membidik profesional muda dan pekerja kantor namun tidak mendapat banyak keuntungan padahal ada banyak kantor di dekat lokasi perusahaan katering anda, situasi yang tidak ideal ini harus dimasukkan ke dalam skema perencanaan strategis untuk manajemen pemasaran.

Dalam tipe perencanaan ini, anda harus membuat skema target ideal perusahaan anda (Draw), menganalisis kondisi tidak ideal yang membuat perusahaan anda tidak bisa mencapai kondisi ideal tersebut (See), rencana aksi spesifik untuk menjembatani kondisi ideal dan tidak ideal tersebut (Think), serta sumber daya yang dibutuhkan agar rencana tersebut berjalan dengan baik (Plan).

Tipe perencanaan strategis ini sangat baik diterapkan dalam manajemen pemasaran jika anda merasa bahwa perusahaan anda berada dalam kondisi yang cukup sulit, menghadapi banyak persaingan, berada dalam iklim pemasaran yang bergejolak atau baru berkembang sehingga belum memiliki cukup dana, sumber daya dan kemampuan dalam bersaing.


Nah, Itulah 2 Strategi Branding Pemasaran

sources :

Samsung Indonesia
rajapresntasi Yodhia

0 Response to "2 Cara Termudah Strategi Branding dalam Ceruk Pasar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel