-->

Cara Termudah Menjadi Copywriter Hebat

Cara menjadi copywriter - Sebuah atau beberapa kata namun memiliki sifat menjual itulah efetivitas kata dalam copywriting. Di dalam Copywriting terdapat kekuatan narasi, teks, atau diksi dari sebuah iklan. Sehingga membuat orang terpengaruh untuk berbuat seperti yang dikehendaki sesuai pesan iklan tersebut. 
Cara Termudah Menjadi Copywriter Hebat

Sekilas Copywriting merupakan rancangan bahasa dalam pembuatan iklan, namun secara dalam Copywriting adalah sesuatu hal yang berbentuk abstrak berstruktur kata - kata yang digunakan musti membangun emosi dan membentuk imajinasi sehingga dapat mempengaruhi pembaca maupun pendengar dan juga mampu berbuat arti sesuai yang diharapkan si penaskah teks tersebut. Daya pengaruh yang digunakanpun begitu kuat, bahkan mudah masuk ke alam bawah sadar manusia (menghipnotis).

Menjadi Copywriter Hebat 
Gabungan antara ilmu sastrawi dan intelektual inilah yang mewujudkan adanya copywriting sehingga syarat utama menjadi copywriter adalah penguasaan terhadap bahasa. Dimana dalam hal ini terdapat unsur antara mencipta dan menyajikan suatu kebenaran yang faktual.

Apa saja syarat menjadi penulisan Copywriting?

Dalam menyampaikan sebuah gagasan pikiran dalam suatu bahasa seorang Copywriter harus mengetahui pokok aturan bahasa tersebut, seperti halnya tata bahasa, kaidah, idiom, nuansa atau konotasi sebuah kata, dan lain sebagainya.

Bagi penulis naskah yang menggunakan bahasa Indonesia, mereka harus menguasai EYD. Hal ini dipakai untuk menjelaskan hal yang sangat gamblang, misalnya "di"awalan harus disambung, dan "di" kata depan harus dipisah.

"seringkas apa pun sebuah kalimat pada copywriting, ia harus mempunyai subjek dan predikat. Tanpa itu gugur sudah kekuatan copywriting"(Agustrijanto, 2004). Pengertian subjek predikat ini tidak boleh diartikan kaku seperti halnya kita mempelajari tata bahasa  karena materi teks periklanan sangat tergantung di media mana iklan diterapkan.

Namun "Bermain-main" dengan bahasa/sesekali melanggar peraturan baku, sah-sah saja. Tapi aturan bakunya, harus kita kuasai dulu dan tujuannya demi kreativitas untuk memancing perhatian.

Panduan seorang copywriter untuk menulis iklan adalah Brief Kreatif. Dengan demikian, gaya bahasa dan jenis kata dalam iklan yang dibuatnya seperti contoh seorang copywriter menulis dalam surat kabar tentu berbeda dengan iklan yang ditayangkan di radio dan televisi. Sebab surat kabar mementingkan mata dan dapat diamati orang dengan lama. berbeda dangan radio yang mementingkan telinga dan televisi mementingkan mata dan telinga. Kedua yang terakhir ini bersifat sekejap.

Selain itu,bahasa yang dipakai dalam copywriting harus mampu mengarahkan target audience untuk membeli, menggunakan, atau beralih ke produk jasa yang diiklankan. Tentu saja, perlu juga diperhatikan apakah produk yang diiklankan baru ataukah sudah lama.

Bagaimana caranya membangun struktur tulisan dalam Copywriting?

Stan Rapp & Tom Collins (1995) struktur bahasa dalam iklan dituntut bisa menggugah, mengidentifikasi, menarik menggalang kebersamaan, dan mengkombinasikan pesan dengan komparatif kepada khalayak

Dengan demikian, struktur kata dalam iklan seharusnya:

1. Menggugah: mencermati kebutuhan konsumen, memberikan solusi, dan memberikan perhatian sehingga pesan mampu menggugah target yang dituju.

2. Informatif: jelas, bersahabat , komunikatif dan tidak bertele-tele.

3. Persuasif: rangkaian kalimatnya membuat konsumen nyaman, senang, tentram, menghibur sehingga kosumen terlarut dalam bacaan.

4. Bertenaga gerak: komposisi kata-katanya menghargai waktu selama masa penawaran/masa promosi berlangsung.


Bagaimana gaya bahasa dalam penulisan Copywrite?

Gaya dan jenis bahasa yang dipakai pun harus sesuai dengan target atau audience jadi beda antara anak-anak, dewasa dan orang tua. Seorang copywriter seharusnya mampu mengetahui dengan siapa dia berbicara, bagaimana kebiasaan perilaku mereka, dan di mana mereka berada. Sebagai contoh sederhana dalam kehidupan sehari-hari, kita akan berbicara secara berbeda dengan teman, kuliah, sahabat, pacar, penjual di kantin. Bahkan secara lebih spesifik kita akan berbeda melakukan penbicaraan dengan teman kita yang berasal dari Jawa dan dari Batak, akan berbeda berbicara dengan orang tua dan orang yang sebaya.

Bahasa dalam iklan selain memperhatikan masalah ide yang diwujudkan dalam bentuk kat-kata, dalam penghadirannya bahasa iklan juga mustimemperhatikan hal-hal "paralanguage" yang merupakan pakaian yang dipilih copywriter dan art director untuk membungkus idenya. Paralanguage itu berupa layout, jenis huruf, visual dan media, untuk membentuk iklan secara menyeluruh. Dengan demikian ,jika unsur paralangue tersebut diolah secara maksimal, efektivitas iklan akan tercapai. Efekivitas ini, secara substansi didukung oleh efektivitas kata.

Penggunaan bahasa dalam iklan terkadang dipandang menarik, jika bersifat main-main, atau bersifat "lanturan".  Lanturan ini berbeda dengan kata melantur yang artinya ngawur, tidak nyambung dengan topik yang sedang dibahas. Sementara lanturan adalah sengaja melantur atau melantur dengan tujuan. Namun, lanturan yang dibuat tersebut harus selalu dijaga relevannya. Karena itu, carilah lanturan yang sejauh-jauhnya, namun bawalah relevansi sedekat-dekatnya (Hakim, 2006: 78-79).

Hal yang paling dekat dengan lanturan adalah plesetan. Orang muda saat ini tidak terasa gaul jika tidak banyak berplesesetan dalam bercanda.Orang tertawa ketika mendengar plesetan karena relevansinya. Relevansi dalam konteks ini adalah kata asli yang diplesetinya. Jika orang tidak tertawa berarti tidak relevan. Tidak ada korelasi kata asli dengan plesetannya.

Untuk berpandai-pandai dalam membuat lanturan, seorang copywriter harus menguasai gaya bahasa, baik itu personifikasi, analogi,kontradiksi, metafora, sinisme, sarkasme, hiperbola, paradoks dan masih banyak lagi.  


0 Response to "Cara Termudah Menjadi Copywriter Hebat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel